Home » Learning Outcome (Capaian Pembelajaran)

Learning Outcome (Capaian Pembelajaran)

Hasil analisis kebutuhan pasar dan pengembangan keilmuan yang telah dilaksanakan pada tahap pertama dalam bentuk rumusan Profil Lulusan, yang digunakan sebagai acuan untuk merumuskan capaian pembelajaran lulusan. Menurut Peraturan Presiden No 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, bab 1 pasal 1 ayat 2, capaian pembelajaran adalah kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, ketrampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja.

Dalam Permendikbud No 49 tahun 2014 pasal 5 ayat 1, capaian pembelajaran lulusan sebagai rumusan standar kompetensi lulusan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Perumusan capaian pembelajaran lulusan selain mengacu pada profil lulusan, menurut Permendikbud no. 49 tahun 2014 pasal 5 ayat 3, wajib mengacu pada KKNI dan memiliki kesetaraan dengan jenjang kualifikasi pada KKNI. Keterkaitan antara profil lulusan, bidang keilmuan program studi, KKNI dan SN Dikti serta referensi kompetensi, disajikan pada Gambar di bawah. Langkah perumusan capaian pembelajaran sebagai berikut:

  1. Mendeskripsikan visi dan misi keilmuan program studi.
  2. Melakukan analisis kebutuhan pasar dan stakeholder yang mendeskripsikan profil lulusan.
  3. Menggunakan deskripsi KKNI dan SN Dikti.
  4. Menggunakan referensi dalam dan luar negeri.

Tahapan penyusunan Capaian Pembelajaran Program Studi S1 Teknik Elektro dapat dilihat pada bagan berikut:

Rumusan capaian pembelajaran digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar-standar yang lain (Permendikbud No. 49 Tahun 2014 Pasal 5 ayat 2) dalam rangka pengembangan kurikulum program studi. Hasil perumusan capaian pembelajaran digunakan sebagai acuan pada tahap berikutnya yaitu pengembangan bahan kajian. Capaian pembelajaran dikembangkan dan dirumuskan oleh Tim Pengembang Kurikulum Program Studi.

Mengacu pada Permendikbud No. 49 Tahun 2014 pasal 5 ayat 1, capaian pembelajaran mencakup unsur-unsur sikap, pengetahuan dan keterampilan. Lalu dalam Permendikbud No. 49 Tahun 2014 pasal 6, keterampilan yang merupakan kemampuan unjuk kerja mencakup keterampilan umum dan keterampilan khusus.  Sikap pengetahuan dan keterampilan yang dirancang dalam kurikulum 2016 Prodi S1 Teknik Elektro ditunjukkan pada Tabel Capaian Pembelajaran (CP) berikut:

Tabel Capaian Pembelajaran (CP) Prodi S1 Teknik Elektro

SIKAP (SK)/ Attitude
CP01Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
Believing in the one supreme God
CP02Berkeyakinan mampu berfungsi efektif di dalam tim yang bersifat multidisiplin
Being Having confidence confident to effectively function in multidisciplinary teamsand able to work effectively in a multidisciplinary team
CP03Memahami etika profesi sebagai seorang sarjana teknik elektro
Understanding professional ethics as a Bachelor of Electronics Engineering
CP04Memiliki hasrat kewirausahaan baik secara individu maupun di dalam tim yang bersifat multidisiplin
Possessing entrepreneurial the spirit of entrepreneurship either as a person or a member of a team.passion, both individually and multidisciplinary teams
PENGUASAAN PENGETAHUAN (PP)/ KNOWLEDGES
CP05Menguasai pengetahuan umum untuk memahami dampak solusi rekayasa
Possessing general knowledges in understanding the impact of engineering solutionsPossessing insight into required common knowledge to understand the influence of engineering solution
CP06Menguasai wawasan mengenai perkembangan teknologi terkini dalam bidang TIK
Possessing the concepts of the latest technology developments in the field of information and communication technologyHaving knowledges of the latest technology developments in the field of information and communication technology.
CP07Mengusai wawasan mengenai perkembangan teknologi terkini dalam bidang keahlian Sistem Elektronika, Sistem Kendali, dan Sistem Biomedika
Mastering concepts of the latest technology developments in Electronics System, Control System, and Biomedical TechnologyMastering concepts of the latest technology developments in Electronic Systems, Control Systems, and Biomedical Engineering.
CP08Menguasai pengetahuan dasar matematika dan sains yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah melalui pendekatan keelektroteknikan
Mastering basic knowledges of mathematics and science that can be used to solve the problem through Electrical Engineering approachesMastering basic knowledges of mathematics and science to solve problems by means of electronics engineering approach.
KETERAMPILAN UMUM (KU)/ GENERAL COMMON SKILLS
CP09Memiliki kemampuan untuk melakukan komunikasi ilmiah secara efektif, baik secara lisan maupun tertulis
Having the ability to conduct scientific communication effectively, both orally and in writingHaving the ability to communicate effectively both spoken and written in a scientific atmosphere.
CP10Memiliki kemampuan untuk menganalisamenganalisis masalah dan menyimpulkan solusi secara sistematis
Having ability to systematically analyze and solve a problem. and make a systematically conclusion of the solution
CP11Memiliki kemampuan untuk melakukan eksperimen dan melakukan analisis data hasil eksperimen
Having the ability to do experiments and perform data analysis of experimental resultsHaving the ability to design and conduct experiments and to analyze the result data.
CP12Memiliki keterampilan dalam penggunaan perangkat keras dan lunak dasar secara tepat guna
Having knowledge and skills to handily and appropriately use basic hardware and software.
KETERAMPILAN KHUSUS (KK)/ SPECIAL SPECIFIC SKILLS
CP13Mempunyai keterampilan dalam penggunaan perangkat keras dan lunak yang diperlukan dalam perancangan Sistem Elektronika atau Sistem Kendali atau Teknik Biomedika
Having skills in using hardwares and softwares required in designing a control system or electronics system or biomedical systemHaving knowledge and skills to use hardware and software that are required in Electronic Systems, Control Systems, and Biomedical Engineering.
CP14Memiliki kemampuan untuk melakukan perancangan Sistem Elektronik atau Sistem Kendali atau Sistem Elektromedika sesuai kebutuhan atau spesifikasi
Having the ability to perform design of Electronics System or Control System or Biomedical Engineering according to specified requirementsHaving the ability to design electronic systems, control systems or biomedical engineering that comply with the requirements/specifications.
CP15Memiliki kemampuan untuk menganalisamenganalisis masalah rekayasa di bidang Sistem Elektronika atau Sistem Kendali atau Teknik Biomedika dengan menganut kaidah-kaidah ilmiah
Having the ability to analyze problems in the field of Electronics System or Control System or Biomedical Engineering adhering to scientific principlesHaving the ability to analyze engineering problems in Electronic Systems, Control Systems, and Biomedical Engineering based on scientific principles.
CP16Memiliki kemampuan implementasi solusi masalah melalui rekayasa Sistem Elektronika atau Sistem Kendali atau Teknik Biomedika dengan menganut kaidah-kaidah ilmiah
Having the ability to solve the problems practically through the Electronics System or Control System or Biomedical Engineering by adhering to scientific principlesHaving the ability to solve engineering problems in Electronic Systems, Control Systems, and Biomedical Engineering based on scientific principles.