[Pengabdian Masyarakat] Penyuluhan Penggunaan Pembuatan Air Alkali Untuk Kesehatan Masyarakat Rt 06 Rw 01 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung

Pada hari Sabtu, 16 Mei 2020, beberapa dari tim dosen kelompok keahlian Sistem Elektronika, di bawah Program Studi S1 Teknik Elektro Fakultas Teknik Elektro Telkom University mengadakan suatu kegiatan pengabdian masyarakat dengan mitra masyarakat RT 06 RW 01 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Kegiatan ini mengangkat tema:

 “Penyuluhan Penggunaan Pembuatan Air Alkali Untuk Kesehatan Masyarakat Rt 06 Rw 01 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung”

Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, merupakan daerah perbatasan Kota dan Kabupaten Bandung. Letaknya berdekatan dengan kelurahan Padasuka Kota Bandung, dibatasi oleh kelurahan Sukapada. RT 06 RW 01 kelurahan Padasuka memiliki 190 KK. Mata pencaharian mereka ada yang bertani, berdagang, karyawan, pensiunan, tukang ojeg dan lain lain.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta civitas akademik (dosen dan mahasiswa) di lingkungan Telkom University dalam mengembangkan ilmu dan kepekaan sosial. Kegiatan ini berfokus terhadap penyuluhan penggunaan pembuatan air alkali untuk kesehatan masyarakat. Air alkali diyakini baik untuk kesehatan karena dapat menetralisir tubuh yang cenderung asam. Beberapa tahun kebelakangan ini, suatu instrumen atau alat yang diimpor dari Jepang sudah dapat menghasilkan air alkali untuk keperluan rumah tangga. Namun, harga alat yang diimpor ini cukup mahal di pasaran.

Oleh karena itu, pada penyuluhan ini, masyarakat dibimbing untuk menghasilkan portable mineral water ionizer yaitu suatu alat yang dapat menghasilkan air hidrogen, air alkali dan air asam. Alat ini memanfaatkan konsep elektrolisis sederhana dengan biaya yang ekonomis namun tidak mengurangi tujuan dari alat tersebut. Portable mineral water ionizer sederhana yang telah dibuat dan dibagikan ke masyarakat RT 06 RW 01 kelurahan Padasuka ditunjukkan pada gambar berikut.

Gambar 1. Portable mineral water ionizer

Kegiatan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan ini membekali masyarakat dengan pengetahuan dalam pembuatan serta penggunaan air alkali. Harapannya pengetahuan ini dapat digunakan masyarakat setempat untuk keperluan pribadi dan keluarga maupun sebagai modal pengetahuan jika ingin memproduksi alat pembuatan air alkali secara rumah tangga. Penyuluhan ini disampaikan kepada perangkat desa yaitu ketua RT dan beberapa warga. Warga yang hadir dibatasi hanya 5 orang dikarenakan situasi pandemic Covid-19 yang tidak membenarkan untuk menghimpun orang dalam jumlah ramai. Penyerahan alat portable mineral water ionizer kepada ketua RT ditampilkan pada gambar berikut.

Gambar 2. Penyerahan alat portable mineral water ionizer kepada ketua RT 06 RW 01 kelurahan Padasuka

Leave a Reply