Prodi S1-Sistem Komputer merupakan pengembangan dari peminatan hardware yang ada di jurusan Teknik Telekomunikasi STTTelkom yang diadakan di tahun 2003. Sesuai dengan perkembangan intitusi STTelkom yang semakin luas diperlukan prodi khusus dan dibentuklah prodi Sistem Komputer di tahun 2007 yang mengikuti perubahan STTTelkom menjadi ITTelkom dan menjadi Universitas Telkom pada saat ini

Penamaan prodi Sistem Komputer adalah sebuah penamaan yang agak ganjil mengingat dalam IEEE dan fakultas-fakultas diluar negri yang menggunakan nama Computer Engineering. Diajukan nama Teknik Komputer tetapi ditolak oleh DIKTI, kemudian diajukan Teknik dan Sistem Komputer juga ditolak akhirnya diterima dengan nama Sistem Komputer. Jadi nama resmi prodi ini adalah Strata 1 Sistem Komputer (S1-SK)/Computer Engineering Undergraduated Program.

Prodi S1-SK pada awalnya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan tenaga perancang perangkat keras untuk keperluan komunikasi, tetapi saat ini sesuai dengan sinerginya Telekomunikasi dan Informasi maka prodi ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan tenaga perancang sistem perangkat keras dengan unggulan Mobile Computing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *