Berdasarkan data dan analisis yang telah dilakukan, profil lulusan Program Studi S1 Teknik Elektro yang dirumuskan merepresentasikan softskill, hardskill dan juga longlife learning. Ketiga kata kunci tersebut dinyatakan dengan dua pernyataan profile yang harus dimiliki oleh setiap lulusan yang berkiprah di masyarakat setelah minimum tiga tahun sesuai dengan bidang yang ditekuni, khususnya bidang Teknik Elektro.
No | PROFIL LULUSAN/ PROGRAM EDUCATIONAL OBJECTIVE (PEO) |
PEO1 | Lulusan yang mampu mengidentifikasi, menganalisis permasalahan, serta merancang dan mengimplementasikan solusi menggunakan metode dan pengetahuan keteknikelektroan. |
PEO2 | Lulusan yang berintegritas dalam melaksanakan penelitian dan pembelajaran sepanjang hayat di bidang teknik elektro dengan pendekatan interdisipliner atau multidisipliner. |
PEO3 | Lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan dan kemampuan bekerjasama multidisiplin dalam menciptakan peluang usaha bagi dirinya atau orang lain. |
Sedangkan profesi yang dapat ditekuni oleh lulusan yang disertai dengan profile di atas adalah sebagai berikut:
- Tenaga Profesional di bidang Sistem Elektronika, Sistem Kendali, dan Sistem Tertanam
- Peneliti di bidang Sistem Elektronika, Sistem Kendali, dan Sistem Tertanam
- Technopreneur di bidang Sistem Elektronika, Sistem Kendali, dan Sistem Tertanam
PROGRAM LEARNING OUTCOME (PLO) PROGRAM STUDI S1 TEKNIK ELEKTRO |
|||
SIKAP (SK) | |||
PLO-01 | Religion & Ethics | Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berdasarkan Pancasila dan bertanggung jawab menjalankan etika profesi sebagai seorang sarjana Teknik Elektro. | |
PLO-10 | Team work | Mampu bekerjasama dalam tim yang bersifat multidisiplin dan multikultural. | |
PENGETAHUAN (PP) | |||
PLO-02 | Basic Sciences | Mampu menerapkan pengetahuan umum matematika, sains, dan TIK untuk memahami permasalahan rekayasa secara menyeluruh. | |
PLO-03 | Engineering Knowledge | Mampu menggunakan konsep elektroteknik dasar dalam memahami permasalahan rekayasa yang kompleks. | |
PLO-11 | Contemporary Issues & Long-Life learning | Memiliki wawasan mengenai perkembangan teknologi dan isu kontemporer dalam bidang elektroteknik sebagai bentuk pembelajaran sepanjang hayat. | |
KETERAMPILAN UMUM (KU) | |||
PLO-05 | Data & Experiments | Memiliki kemampuan untuk melakukan eksperimen serta menganalisis dan menginterpretasikan data hasil eksperimen. | |
PLO-08 | Effective Communication | Memiliki kemampuan melakukan komunikasi ilmiah secara efektif, baik secara lisan maupun tertulis. | |
PLO-12 | Entrepreneurship skill | Memiliki kemampuan mengidentifikasi peluang bisnis dan merancang solusi bisnis. | |
KETERAMPILAN KHUSUS (KK) | |||
PLO-04 | Engineering Design | Mampu merancang komponen, sistem dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan aplikasi di bidang Teknik Elektro dalam batasan-batasan tertentu dengan mempertimbangkan sumber daya nasional dan perspektif global. | |
PLO-06 | Identifying and Solving Problem | Mampu mengidentifikasi masalah dan mengimplementasikan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam pemecahan masalah di bidang Teknik Elektro. | |
PLO-07 | Modern Tools Utilization | Mampu menggunakan perangkat keras dan/ atau perangkat lunak dengan menerapkan metode dan keterampilan keteknikelektroan secara tepat guna. | |
PLO-09 | Engineering Planning | Memiliki kemampuan dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi tugas kerekayasaan dalam batasan-batasan tertentu. |
Di dalam Kurikulum 2024, untuk menyelesaikan pendidikan tingkat sarjana di Prodi S1 Teknik Elektro, mahasiswa perlu lulus minimum 144 SKS.
To graduate from Bachelor of Electronics Engineering Program, a student should finish minimum 144 credits. The all courses would be taken are as follow:
Tahun Pertama
Semester 1 | 1st Semester | |||||||
No | Kode MK | Nama MK | SKS | No | Code | Name | Credit | |
1 | AZK1AAB3 | Kalkulus 1 | 3 | 1 | AZK1AAB3 | Calculus 1 | 3 | |
2 | AZK1BAB3 | Fisika 1 | 3 | 2 | AZK1BAB3 | Physics 1 | 3 | |
3 | AZK1CAB1 | Praktikum Fisika 1 | 1 | 3 | AZK1CAB1 | Physics Lab Works 1 | 1 | |
4 | AZK1DAB3 | Algoritma dan Pemrograman | 3 | 4 | AZK1DAB3 | Algorithm and Programming | 3 | |
5 | AZK1EAB3 | Pengantar Rekayasa dan Desain | 3 | 5 | AZK1EAB3 | Introduction to Electronics Engineering | 3 | |
6 | AZK1IAB1 | Praktikum Algoritma dan Pemrograman | 1 | 6 | AZK1IAB1 | Algorithm and Programming Lab Works | 1 | |
7 | AZK1JAB3 | Matematika Diskrit | 3 | 7 | AZK1JAB3 | Discrete Mathematics | 3 | |
8 | UCK1EDB1 | Internalisasi Budaya dan Pembentukan Karakter | 1 | 8 | UCK1EDB1 | Cultural Internalization and Character Formation | 1 | |
Jumlah SKS | 18 | Number of Credits | 18 | |||||
Total SKS | 18 | Cumulative Credits | 18 |
Semester 2 | 2nd Semester | |||||||
No | Kode MK | Nama MK | SKS | No | Code | Name | Credit | |
1 | AZK1FAB3 | Kalkulus 2 | 3 | 1 | AZK1FAB3 | Calculus 2 | 3 | |
2 | AZK1GAB3 | Fisika 2 | 3 | 2 | AZK1GAB3 | Physics 2 | 3 | |
3 | AZK1HAB1 | Praktikum Fisika 2 | 1 | 3 | AZK1HAB1 | Physics Lab Works 2 | 1 | |
4 | AZK1KAB3 | Aljabar Linier | 3 | 4 | AZK1KAB3 | Linear Algebra | 3 | |
5 | AZK2BAB3 | Variabel Kompleks | 3 | 5 | AZK2BAB3 | Complex Variables | 3 | |
6 | ABK1AAB3 | Rangkaian Listrik 1 | 3 | 6 | ABK1AAB3 | Electrical Circuits 1 | 3 | |
7 | AZK2HAB3 | Teknik Digital | 3 | 7 | AZK2HAB3 | Digital Engineering | 3 | |
Jumlah SKS | 19 | Number of Credits | 19 | |||||
Total SKS | 37 | Cumulative Credits | 37 |
Tahun Kedua
Semester 3 | 3rd Semester | |||||||
No | Kode | Nama MK | SKS | No | Code | Name | CTS | |
1 | AZK2AAB3 | Probabilitas dan Statistika | 3 | 1 | AZK2AAB3 | Probability and Statistics | 3 | |
2 | AZK2CAB3 | Persamaan Diferensial | 3 | 2 | AZK2CAB3 | Differential Equations | 3 | |
3 | AZK2EAB3 | Elektromagnetika | 3 | 3 | AZK2EAB3 | Electromagnetics | 3 | |
4 | ABK2AAB3 | Rangkaian Listrik 2 | 3 | 4 | ABK2AAB3 | Electrical Circuits 2 | 3 | |
5 | ABK2BAB1 | Praktikum Rangkaian Listrik | 1 | 5 | ABK2BAB1 | Electrical Circuits Lab Works | 1 | |
6 | ABK2CAB3 | Dasar – Dasar Mikrokomputer | 3 | 6 | ABK2CAB3 | Microcomputer Basic | 3 | |
7 | ABK2DAB1 | Praktikum Teknik Digital & Mikrokomputer | 1 | 7 | ABK2DAB1 | Digital Technique & Microcomputer Lab Works | 1 | |
8 | ABK2EAB3 | Fisika 3A | 2 | 7 | ABK2EAB3 | Physics 3A | 2 | |
Jumlah SKS | 19 | Number of Credits | 19 | |||||
Total SKS | 56 | Cumulative Credits | 56 |
Semester 4 | 4th Semester | |||||||
No | Kode | Nama MK | SKS | No | Code | Name | CTS | |
1 | ABK2FAB3 | Elektronika | 3 | 1 | ABK2FAB3 | Electronics | 3 | |
2 | ABK2GAB1 | Praktikum Elektronika | 1 | 2 | ABK2GAB1 | Electronics Lab Works | 1 | |
3 | ABK2HAB3 | Sensor dan Aktuator | 3 | 3 | ABK2HAB3 | Sensor and Actuator | 3 | |
4 | ABK2IAB3 | Sistem Kendali | 3 | 4 | ABK2IAB3 | Control System | 3 | |
5 | ABK2JAB1 | Praktikum Sistem Sensor dan Kendali | 1 | 5 | ABK2JAB1 | Sensor System & Control Lab Works | 1 | |
6 | ABK2KAB3 | Sistem Telekomunikasi | 3 | 6 | ABK2KAB3 | Telecommunications System | 3 | |
7 | ABK2LAB3 | Sinyal dan Sistem Waktu Kontinu | 3 | 7 | ABK2LAB3 | Continuous Time Signal and System | 3 | |
8 | ABK2MAB3 | Teknik Pengukuran dan Akuisisi Data | 3 | 8 | ABK2MAB3 | Measurement and Data Acquisition Techniques | 3 | |
Jumlah SKS | 20 | Number of Credits | 20 | |||||
Total SKS | 76 | Cumulative Credits | 76 |
Tahun Ketiga
Semester 5 | 5th Semester | |||||||
No | Kode | Nama MK | SKS | No | Code | Name | CTS | |
1 | ABK3AAB3 | Elektronika 2 | 3 | 1 | ABK3AAB3 | Advanced Electronics | 3 | |
2 | ABK3BAB3 | Sinyal dan Sistem Waktu Diskret | 3 | 2 | ABK3BAB3 | Discrete Time Signal and System | 3 | |
3 | ABK3CAB3 | Otomatisasi Industri | 3 | 3 | ABK3CAB3 | Industrial Automation | 3 | |
4 | ABK3DAB3 | Sistem IoT | 3 | 4 | ABK3DAB3 | IoT System | 3 | |
5 | ABK3EAB1 | Praktikum Sinyal Diskrit, Otomatisasi, & IoT | 1 | 5 | ABK3EAB1 | Discrete System, Automation, & IoT Lab Works | 1 | |
6 | ABK3FAB3 | Kecerdasan Buatan | 3 | 6 | ABK3FAB3 | Artificial Intelligence | 3 | |
7 | ABK3GAB2 | Sistem Tenaga | 2 | 7 | ABK3GAB2 | Power System | 2 | |
8 | ABK3HAB2 | Sistem Tertanam | 2 | 8 | ABK3HAB2 | Embedded System | 2 | |
Jumlah SKS | 20 | Number of Credits | 20 | |||||
Total SKS | 96 | Cumulative Credits | 96 |
Semester 6 | 6th Semester | |||||||
No | Kode | Nama MK | SKS | No | Code | Name | CTS | |
1 | ABK3IAB3 | Robotika | 3 | 1 | ABK3IAB3 | Robotics | 3 | |
2 | AZK3CAC5 | Proyek Perancangan Terintegrasi | 5 | 2 | AZK3CAC5 | Integrated Design Project | 5 | |
3 | AZK3AAB2 | Kerja Praktik/KKN | 2 | 3 | AZK3AAB2 | Internship or Community Service | 2 | |
4 | AZKXAAB3 | Manajemen Proyek | 3 | 4 | AZKXAAB3 | Project Management | 3 | |
5 | UCKXBDB2 | Literasi Data | 2 | 5 | UCKXBDB2 | Data Literacy | 2 | |
6 | UCKXDDB2 | Literasi Manusia | 2 | 6 | UCKXDDB2 | Human Literacy | 2 | |
7 | UBKXBCB2 | Pancasila | 2 | 7 | UBKXBCB2 | Pancasila | 2 | |
Jumlah SKS | 19 | Number of Credits | 19 | |||||
Total SKS | 115 | Cumulative Credits | 115 |
Tahun Keempat
Semester 7 | 7th Semester | |||||||
No | Kode | Nama MK | SKS | No | Code | Name | CTS | |
1 | AZK4DAA2 | Metode Riset dan Pengembangan Produk | 2 | 1 | AZK4DAA2 | Research and Product Development Methods | 2 | |
2 | AZK4AAB2 | Stadium Generale | 2 | 2 | AZK4AAB2 | Stadium Generale | 2 | |
3 | ABK4XBB3* | MK Pilihan 1 | 3 | 3 | ABK4XBB3* | Elective Course 1 | 3 | |
4 | UBKXACB2 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 4 | UBKXACB2 | Civics Education | 2 | |
5 | ABK3JAB2 | Ekonomi Kelayakan dan Perencanaan Bisnis | 2 | 5 | ABK3JAB2 | Economic Feasibility and Business Planning | 2 | |
6 | UBKXCCB2 | Bahasa Indonesia | 2 | 6 | UBKXCCB2 | Indonesian Language | 2 | |
7 | UCKXADB2 | Bahasa Inggris | 2 | 7 | UCKXADB2 | English | 2 | |
8 | UAKXACB2 | Agama* | 2 | 8 | UAKXACB2 | *Religion | 2 | |
9 | UCKXADB2 | Kewirausahaan | 2 | 9 | UCKXADB2 | Entrepreneurship | 2 | |
Jumlah SKS | 19 | Number of Credits | 19 | |||||
Total SKS | 134 | Cumulative Credits | 134 |
Note: **Agama Islam, Agama Kristen, Agama Katolik, Agama Hindu, Agama Buddha, Agama Konghucu, & Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
Semester 8 | 8th Semester | |||||||
No | Kode | Nama MK | SKS | No | Code | Name | CTS | |
1 | AZK4EAA4 | Tugas Akhir | 4 | 1 | AZK4EAA4 | Final Project | 4 | |
2 | ABK4XBB3* | MK Pilihan 2 | 3 | 2 | ABK4XBB3* | Elective Course 2 | 3 | |
3 | ABK4XBB3* | MK Pilihan 3 | 3 | 3 | ABK4XBB3* | Elective Course 3 | 3 | |
Jumlah SKS | 10 | Number of Credits | 10 | |||||
Total SKS | 144 | Cumulative Credits | 144 |
MK Pilihan
Electronics & IC Design Block | Embedded Systems in Biomedics, Telecommunication, and Computer Vision Applications Block | |||||||
No | Kode | Nama MK | SKS | No | Kode | Nama MK | SKS | |
1 | ABK44BB3 | Perancangan Produk Elektronika | 3 | 1 | ABK4IBB3 | Sensor Wearable: Desain dan Pembuatan Prototipe | 3 | |
2 | ABK4WMB2 | Teknologi Pemrosesan Semikonduktor | 3 | 2 | ABK4LBB3 | Mekanika Gaya Berjalan Robot | 3 | |
3 | ABK4YBB3 | Desain IC Digital | 3 | 3 | ABK4HBB3 | Teknologi Rekayasa Elektromedis | 3 | |
4 | ABK4ZBB3 | Desain SoC dan FPGA | 3 | 4 | ABK4CBB3 | Sistem Telemetri | 3 | |
5 | ABK41BB3 | Desain IC Analog | 3 | 5 | ABK4DBB3 | Komunikasi Cahaya Tampak | 3 | |
6 | ABK42BB3 | Desain IC Back-end dan Verifikasi | 3 | 6 | ABK4XMB3 | Pengembangan Aplikasi Perangkat Seluler | 3 | |
7 | ABK43BB3 | Paket IC dan Desain PCB | 3 | 7 | ABK4FBB3 | Visi Komputer | 3 | |
8 | ABK4GBB3 | Integritas Sinyal pada PCB | 3 | 8 | ABK4KBB3 | Metaverse & Digital Twin | 3 | |
9 | ABK4VMB1 | Pengenalan VLSI | 3 | 9 | ABK45BB3 | Penginderaan dan Pengolahan Sinyal Cerdas | 3 | |
10 | ABK4JBB3 | Elektronika Indra Pembau | 3 | 10 | ABK4ABB3 | Pembelajaran Mesin dan Aplikasi | 3 | |
11 | ABK4BBB3 | Pembelajaran Dalam dan Aplikasi | 3 |
Electrical Power System Planning and Smart Grid | Control Systems Block | |||||||
No | Kode | Nama MK | SKS | No | Kode | Nama MK | SKS | |
1 | ABK4RBB3 | Sistem Energi Elektrik Cerdas | 3 | 1 | ABK4NBB3 | Sistem Kendali Lanjut | 3 | |
2 | ABK4UBB3 | Pembangkitan Energi Elektrik | 3 | 2 | ABK4OBB3 | Sistem Kendali Digital | 3 | |
3 | ABK4VBB3 | Transmisi Daya Elektrik | 3 | 3 | ABK4SBB3 | Sistem Kendali Kereta Api | 3 | |
4 | ABK4WBB3 | Ekonomi dan Bisnis Energi Elektrik | 3 | 4 | ABK46BB3 | Kendali Konverter Daya | 3 | |
5 | ABK4QBB3 | Energi Terbarukan dan Pengembangan Berkelanjutan | 3 | 5 | ABK4PBB3 | Sistem Kendali untuk Robotik | 3 | |
6 | ABK4TBB3 | Elektronika Daya | 3 | |||||
7 | ABK4EBB3 | Transfer Daya Nirkabel | 3 | |||||
8 | ABK4XBB3 | Konversi Kendaraan Listrik | 3 |
MK MBKM
No | Kode | Nama MK | SKS | No | Kode | Nama MK | CTS | |
1 | ABK4AMB2 | MBKM Magang 1 | 2 | 40 | UGKXAEB4 | Wawasan dan Budaya Nusantara | 4 | |
2 | ABK4BMB3 | MBKM Magang 2 | 3 | 41 | UGKXBEB4 | Kepemimpinan | 4 | |
3 | ABK4CMB8 | MBKM Magang 3 | 8 | 42 | UGKXCEB4 | Public Speaking | 4 | |
4 | ABK4DMB2 | MBKM Magang Industri 1 | 2 | 43 | UGKXDEB4 | Pemecahan Masalah Kompleks | 4 | |
5 | ABK4EMB3 | MBKM Magang Industri 2 | 3 | 44 | UGKXEEB4 | Berpikir Kritis dan Kreatif | 4 | |
6 | ABK4FMB8 | MBKM Magang Industri 3 | 8 | 45 | UHKXAEB5 | Merdeka Belajar – Magang 1 | 5 | |
7 | ABK4GMB2 | MBKM Penelitian 1 | 2 | 46 | UHKXBEB5 | Merdeka Belajar – Magang 2 | 5 | |
8 | ABK4HMB3 | MBKM Penelitian 2 | 3 | 47 | UHKXCEB5 | Merdeka Belajar – Magang 3 | 5 | |
9 | ABK4IMB8 | MBKM Penelitian 3 | 8 | 48 | UHKXDEB5 | Merdeka Belajar – Magang 4 | 5 | |
10 | ABK4JMB2 | MBKM Proyek Desa 1 | 2 | 49 | UIKXAEB5 | Merdeka Belajar – Penelitian 1 | 5 | |
11 | ABK4KMB3 | MBKM Proyek Desa 2 | 3 | 50 | UIKXBEB5 | Merdeka Belajar – Penelitian 2 | 5 | |
12 | ABK4LMB8 | MBKM Proyek Desa 3 | 8 | 51 | UIKXCEB5 | Merdeka Belajar – Penelitian 3 | 5 | |
13 | ABK4MMB2 | MBKM Proyek Independen 1 | 2 | 52 | UIKXDEB5 | Merdeka Belajar – Penelitian 4 | 5 | |
14 | ABK4NMB3 | MBKM Proyek Independen 2 | 3 | 53 | UJKXAEB5 | Merdeka Belajar – Membangun Desa 1 | 5 | |
15 | ABK4OMB8 | MBKM Proyek Independen 3 | 8 | 54 | UJKXBEB5 | Merdeka Belajar – Membangun Desa 2 | 5 | |
16 | ABK4PMB2 | MBKM Kewirausahaan 1 | 2 | 55 | UJKXCEB5 | Merdeka Belajar – Membangun Desa 3 | 5 | |
17 | ABK4QMB3 | MBKM Kewirausahaan 2 | 3 | 56 | UJKXDEB5 | Merdeka Belajar – Membangun Desa 4 | 5 | |
18 | ABK4RMB8 | MBKM Kewirausahaan 3 | 8 | 57 | UKKXAEB5 | Merdeka Belajar – Studi Independen 1 | 5 | |
19 | ABK4SMB1 | MBKM Program Sertifikasi 1 | 2 | 58 | UKKXBEB5 | Merdeka Belajar – Studi Independen 2 | 5 | |
20 | ABK4TMB2 | MBKM Program Sertifikasi 2 | 3 | 59 | UKKXCEB5 | Merdeka Belajar – Studi Independen 3 | 5 | |
21 | ABK4UMB3 | MBKM Program Sertifikasi 3 | 8 | 60 | UKKXDEB5 | Merdeka Belajar – Studi Independen 4 | 5 | |
22 | UDKXAEB4 | Entrepreneurship – Validasi Ide | 4 | 61 | ULKXAEB5 | Merdeka Belajar – Kegiatan Wirausaha 1 | 5 | |
23 | UDKXBEB4 | Entrepreneurship – Validasi Konsumen | 4 | 62 | ULKXBEB5 | Merdeka Belajar – Kegiatan Wirausaha 2 | 5 | |
24 | UDKXCEB4 | Entrepreneurship – Strategi Pemasaran | 4 | 63 | ULKXCEB5 | Merdeka Belajar – Kegiatan Wirausaha 3 | 5 | |
25 | UDKXDEB4 | Entrepreneurship – Validasi Produk | 4 | 64 | ULKXDEB5 | Merdeka Belajar – Kegiatan Wirausaha 4 | 5 | |
26 | UDKXEEB4 | Entrepreneurship – Validasi Model Bisnis | 4 | 65 | UMKXAEB5 | Merdeka Belajar – Asistensi Mengajar 1 | 5 | |
27 | UDKXFEB4 | Entrepreneurship – Pengembangan Bisnis | 4 | 66 | UMKXBEB5 | Merdeka Belajar – Asistensi Mengajar 2 | 5 | |
28 | UDKXGEB4 | Entrepreneurship – Pengembangan Purwarupa | 4 | 67 | UMKXCEB5 | Merdeka Belajar – Asistensi Mengajar 3 | 5 | |
29 | UDKXHEB4 | Entrepreneurship – Pengembangan Produk | 4 | 68 | UMKXDEB5 | Merdeka Belajar – Asistensi Mengajar 4 | 5 | |
30 | UEKXAEB4 | Internship – Keterampilan Komunikasi | 4 | 69 | UNKXAEB5 | Merdeka Belajar – Bela Negara 1 | 5 | |
31 | UEKXBEB4 | Internship – Kerja Sama dan Kolaborasi dalam Tim | 4 | 70 | UNKXBEB5 | Merdeka Belajar – Bela Negara 2 | 5 | |
32 | UEKXCEB4 | Internship – Keselamatan Kerja | 4 | 71 | UNKXCEB5 | Merdeka Belajar – Bela Negara 3 | 5 | |
33 | UEKXDEB4 | Internship – Praktik Profesional | 4 | 72 | UNKXDEB5 | Merdeka Belajar – Bela Negara 4 | 5 | |
34 | UEKXEEB4 | Internship – Proyek Industri | 4 | 73 | UOKXAEB5 | Merdeka Belajar – Proyek Kemanusiaan 1 | 5 | |
35 | UFKXAEB4 | Researchship – Pendahuluan dan Metodologi Riset | 4 | 74 | UOKXBEB5 | Merdeka Belajar – Proyek Kemanusiaan 2 | 5 | |
36 | UFKXBEB4 | Researchship – Pengelolaan dan Analisis Data Riset | 4 | 75 | UOKXCEB5 | Merdeka Belajar – Proyek Kemanusiaan 3 | 5 | |
37 | UFKXCEB4 | Researchship – Perancangan dan Pengujian Riset | 4 | 76 | UOKXDEB5 | Merdeka Belajar Proyek Kemanusiaan 4 | 5 | |
38 | UFKXDEB4 | Researchship – Pengembangan dan Implementasi Riset | 4 | 77 | UPKXAEB2 | Keuangan untuk Mahasiswa Non-Keuangan | 2 | |
39 | UFKXEEB4 | Researchship – Laporan Riset dan Publikasi Ilmiah | 4 | 78 | UPKXBEB2 | Komputasi untuk Mahasiswa Non-Komputasi | 2 |
Pemberlakuan kurikulum 2024 menyebabkan beberapa perubahan pada struktur mata kuliah dibandingkan kurikulum sebelumnya (2020). Dengan adanya perubahan ini, ketentuan ekuivalensi atau pemadanan mata kuliah harus ditentukan bagi mahasiswa yang mengalami transisi kurikulum lama ke kurikulum yang baru. Prinsip dari ekuivalensi ini dibuat sesederhana mungkin, tidak berlaku mundur, dan tidak merugikan mahasiswa dari sisi jumlah sks lulusnya. Adapun aturan ekuivalensi Kurikulum 2024 adalah sebagai berikut:
1. Daftar Mata Kuliah yang diekuivalensi berdasarkan kurikulum 2020 dan 2024 ditampilkan pada tabel berikut ini:
Kurikulum 2020 | Kurikulum 2024 | |||||||||
No | Kode | Nama MK | SKS | Sem/Tk | No | Code | Nama MK | SKS | Sem/Tk | |
1. | TUI1D3 | Biologi Matriks dan Ruang | 3 | 1/I | 1. | ABK2EAB2 | Fisika Fluida dan Panas | 2 | 2/1 | |
2. | TTI1B3 | Vektor Sistem | 3 | 3/II | 2. | AZK1KAB3 | Aljabar Linear | 3 | 2/1 | |
3. | TEJ2D3 | Energi Listrik Terbarukan | 3 | 3/II | 3. | ABK3GAB2 | Sistem Tenaga | 2 | 5/III | |
4. | TEJ2B3 | Sistem Akuisisi Data | 3 | 4/II | 4. | ABK2MAB3 | Teknik Pengukuran dan Akuisisi Data | 3 | 4/II | |
5. | TEI2E1 | Praktikum Teknik Elektro 1 | 1 | 3/II | 5. | ABK2BAB1 | Praktikum Rangkaian Listrik | 1 | 3/II | |
ABK2DAB1 | Praktikum Teknik Digital dan Mikrokomputer | 0,5 | 3/II | |||||||
6. | TEI2F1 | Praktikum Teknik Elektro 2 | 1 | 4/II | 6. | ABK2DAB1 | Praktikum Teknik Digital dan Mikrokomputer | 0,5 | 3/II | |
ABK2GAB1 | Praktikum Elektronika | 1 | 4/II | |||||||
7. | TEI3A1 | Praktikum Teknik Elektro 3 | 1 | 5/III | 7. | ABK2JAB1 | Praktikum Sistem Sensor dan Kendali | 1 | 4/II | |
ABK3EAB1 | Praktikum Sinyal Digital, Otomasi & IoT | 0,5 | 5/III | |||||||
8. | TEI3F1 | Praktikum Teknik Elektro 4 | 1 | 6/III | 8. | ABK3EAB1 | Praktikum Sinyal Digital, Otomasi & IoT | 0,5 | 5/III |
2. Mata Kuliah Paket yang WAJIB diambil pada tingkat II (dua) TA 2024/2025 terdapat pada tabel berikut:
Paket MK Wajib Tingkat II | |||
Semester | Kode MK | Nama MK | SKS |
Ganjil | ABK1AAB3 | Rangkaian Listrik 1 | 3 |
ABK2BAB1 | Praktikum Rangkaian Listrik | 1 | |
AZK2HAB3 | Teknik Digital | 3 | |
ABK2CAB3 | Mikrokomputer | 3 | |
ABK2DAB1 | Praktikum Teknik Digital & Mikrokomputer | 1 | |
AZK2CAB3 | Persamaan Diferensial | 3 | |
ABK2AAB3 | Rangkaian Listrik 2 | 3 | |
UBKXACB2 | Pendidikan Kewarganegaraan *) | 2 | |
Genap | ABK2FAB3 | Elektronika | 3 |
ABK2GAB1 | Praktikum Elektronika | 1 | |
ABK2HAB3 | Sensor dan Aktuator | 3 | |
ABK2IAB3 | Sistem Kendali | 3 | |
ABK2JAB1 | Praktikum Sistem Sensor & Kendali | 1 | |
ABK2MAB3 | Teknik Pengukuran dan Akuisisi Data | 3 | |
AZK2EAB3 | Elektromagnetika | 3 | |
ABK2LAB3 | Sinyal dan Sistem Waktu Kontinu | 3 | |
AZKXAAB3 | Manajemen Proyek *) | 3 |
*) Boleh diambil oleh mahasiswa dengan IPS > 3.0
Jika mengulang mata kuliah di tingkat sebelumnya, maka mata kuliah ini dapat didrop |
3.Mata Kuliah Paket yang WAJIB diambil pada tingkat III (tiga) TA 2024/2025 terdapat pada tabel berikut:
Paket MK Wajib Tingkat III | |||
Semester | Kode MK | Nama MK | SKS |
Ganjil | ABK3AAB3 | Elektronika Lanjut | 3 |
ABK3BAB3 | Sinyal dan Sistem Waktu Diskrit | 3 | |
ABK3CAB3 | Otomatisasi Industri | 3 | |
ABK3DAB3 | Sistem IOT | 3 | |
ABK3EAB1 | Praktikum Sinyal Digital, Otomasi, & IoT | 1 | |
ABK2HAB3 | Sensor dan Aktuator | 3 | |
ABK2IAB3 | Sistem Kendali | 3 | |
ABK2JAB1 | Praktikum Sistem Sensor & Kendali | 1 | |
UBKXACB2 | Pendidikan Kewarganegaraan atau MK Pilihan *) | 2/3 | |
Genap | ABK3IAB3 | Robotika | 3 |
AZK3CAC4 | Proyek Perancangan Terintegrasi | 5 | |
AZK3AAB3 | Kerja Praktik/KKN | 3 | |
ABK3FAB3 | Kecerdasan Buatan | 3 | |
ABK3JAB2 | Ekonomi Kelayakan dan Perencanaan Bisnis | 2 | |
ABK3HAB2 | Sistem Tertanam | 2 | |
ABK2KAB3 | Sistem Telekomunikasi | 3 | |
AZKXAAB3 | Manajemen Proyek *) | 3 |
*) Boleh diambil oleh mahasiswa dengan IPS > 3.0
Jika mengulang mata kuliah di tingkat sebelumnya, maka mata kuliah ini dapat didrop |
4. Mata Kuliah Paket yang WAJIB diambil pada tingkat IV (empat) TA 2024/2025 terdapat pada tabel berikut:
Paket MK Wajib Tingkat IV | |||
Semester | Kode MK | Nama MK | SKS |
Ganjil | AZK3CAC4 | Proyek Perancangan Terintegrasi | 5 |
ABK3HAB2 | Sistem Tertanam | 2 | |
ABK3AAB3 | Elektronika Lanjut | 3 | |
MK Pilihan 1 | 3 | ||
UBKXACB2 | Pendidikan Kewarganegaraan | 3 | |
UBKXCCB2 | Bahasa Indonesia | 2 | |
UCKXADB2 | Bahasa Inggris | 2 | |
Genap | AZK4EAA4 | Tugas Akhir | 4 |
MK Pilihan 2 | 3 | ||
MK Pilihan 3 | 3 |
*) Boleh diambil oleh mahasiswa dengan IPS > 3.0
Jika mengulang mata kuliah di tingkat sebelumnya, maka mata kuliah ini dapat didrop |
5. Tabel berikut menunjukkan variasi jumlah minimal SKS lulus bagi tiap Angkatan:
No | Angkatan | Total minimal SKS lulus |
1 | 2023 | 146 |
2 | 2022 | 144 |
3 | 2021 | 144 |
4 | 2020 | 146 |
Jika sudah mengambil MK Etika Profesi (2 SKS) pada Kurikulum 2020, maka total minimal SKS lulus untuk Angkatan 2021 dan 2020 adalah 146 SKS.
6. Untuk ketentuan yang belum disebutkan, maka dapat dikonsultasikan dengan dosen wali dan/atau Prodi.
DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH
Brief Description of Subjects
Semester 1
AZK1AAB3 Kalkulus 1 / AZK1AAB3 Calculus 1 |
Topik perkuliahan memberi pengetahuan tentang sistem bilangan real, fungsi, limit dan kekontinuan fungsi, turunan, penggunaan turunan, integral dan penggunaanya, fungsi transenden, dan integral tak wajar. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang konsep dan memberikan keahlian untuk menyelesaikan soal-soal terkait topik perkuliahan. This course gives knowledge about systems of real numbers, functions, limits and continuous functions, derivatives, the application of derivatives, integrals and their use, transcendental functions, and improper integrals. This course provides knowledge about concepts and provides expertise to solve problems related to lecture topics. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Purcell, E. J., & Valberg, D. (2014). Kalkulus dan Geometri Analitis edisi kelima jilid 1. Jakarta: Erlangga. Stewart, J. (2003). Kalkulus edisi keempat jilid 1. Erlangga. Jakarta. Varberg, D., & Purcell, E. J., & Rigdon, S. (2011). Calculus, 9th Edition. Pearson. |
AZK1BAB3 Fisika 1 / AZK1BAB3 Physic 1 |
Mata kuliah ini diawali dengan materi vektor, turunan dan integral termasuk arti fisisnya serta aplikasinya untuk kasus-kasus fisis sederhana. Kemudian mahasiswa diberikan gambaran tentang fenomena gerak partikel (translasi dan rotasi) melalui konsep : kinematika, dinamika, kekekalan energi, impuls dan momentum. Mahasiswa juga dijelaskan tentang gerak benda pejal melalui konsep partikel. Selain itu mahasiswa diperkenalkan beberapa fenomena gelombang yaitu osilasi, perambatan gelombang, prinsip superposisi, interferensi, difraksi, gelombang berdiri. The course begins on studying vector, derivative and integration technique including its physical meaning and applications in simple physics cases. The students will study the phenomenon of particle motion (both translational and rotational motion) through the concepts of kinematics, dynamics, conservation of energy, impulses and momentum. Moreover, the students will also learn about the motion of solid objects through the concept of particles. In addition, students were introduced to several wave phenomena, namely oscillation, wave propagation, the principle of superposition, interference, diffraction and standing waves. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Douglas C., Giancoli,.,Fisika Jilid 1 Edisi kelima, (Jakarta: Erlangga, 2007). Tipler, P. A. (1991). Fisika Untuk Sains dan Teknik. Edisi Ketiga Jilid. Edisi Ketiga Jilid, 1. Sutrisno. (1982). Seri Fisika Dasar Gelombang dan Optik. Penerbit ITB. |
AZK1CAB1 Praktikum Fisika 1 / AZK1CAB1 Physic Lab Works 1 |
Mata kuliah ini merupakan praktikum fisika dasar yang terkait dengan matakuliah Fisika A diantaranya kinematika, dinamika dan gelombang. Dalam praktikum ini, mahasiswa dilatih untuk melakukan pengamatan fenomena fisis, pengukuran dan perhitungan mengenai ketidakpastian dalam pengukuran, gerak lurus beraturan dan berubah beraturan, gerak melingkar beraturan, gerak osilasi, gerak jatuh bebas, resonansi gelombang bunyi dan superposisi getaran harmonik. Mahasiswa diharapkan dapat melihat korelasi antara konsep/teori dan praktik, melakukan analisa sederhana terhadap hasil praktikum. The course is a basic physics laboratorium class related to Physics A: kinematics, dynamics and waves. In this hands-on class, the students are trained to observe physics phenomena directly, measurements and calculations of uncertainties in measurements, uniform linear motion, accelerated linear motion, oscillation, free fall motion, resonance of sound waves and superposition of harmonic vibrations. The students are expected to be able to have critical looks on the correlation between concepts/theory and practice, perform a simple analysis of the results from this laboratorium class. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Modul Praktikum Fisika Dasar AGiancoli, D. C. (1988). Physics for scientists and engineers, 2th Edition. Prentice-Hall International Inc. Paul, A. (1991). Tipler Fisika Untuk Sains dan Teknik. Edisi Ketiga Jilid. Edisi Ketiga Jilid, 1. |
AZK1DAB3 Algoritma dan Pemrograman / AZK1DAB3 Algorithm and Programing |
Mata kuliah ini membahas pentingnya algoritma dalam kehidupan nyata, khususnya dalam pembuatan program. Materi akan dimulai dengan bentuk tipe dasar, dilanjutkan dengan konsep variabel, selanjutnya dikenalkan tipe bentukan dan enumerasi. Pembuatan algoritma dalam notasi algoritma juga diajarkan, dan diusulkan dengan analisa kasus dan pengulangan. konsep array juga penting untuk dikuasai, dan diakhir dengan konsep file dan pemanfaatannya. This course discusses the importance of algorithms in real applications, especially in developing a program. The chapter will begin with a basic type of shape, followed by the concept of variables, then introduced the type of formation and enumeration. Algorithms making in algorithm notation is also learned, followed by case of analysis and repetition. The concept of arrays is also studied and ends with the concept of files and their utilization. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Inge. (2007). Diktat Prosedural Algoritma dan pemrograman. ITB. Tutorialspoint, Learn C Programming. |
AZK1EAB3 Pengantar Rekayasa dan Desain/ AZK1EAB3 Introduction to Electronics Engineering |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 3 SKS. Mata kuliah ini berisi pengantar serta wawasan singkat tentang Rekayasa dan desain teknologi guna menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehar-hari :
|
Daftar Pustaka – Bibliography |
Kosky, P., Wise, G., Balmer, R., Keat, W. (2010). Exploring Engineering: An Introduction to Engineering and Design, Elsevier. |
AZK1IAB1 Praktikum Algoritma dan Pemrograman / AZK1IAB1 Algorithm and programing Lab Works |
Mata kuliah ini membahas pentingnya algoritma dalam pembuatan program. Materi akan dimulai dengan bentuk tipe dasar, dilanjutkan dengan konsep variabel. selanjutnya dikenalkan tipe bentukan dan enumerasi. Pembuatan algoritma dalam notasi algoritma juga diajarkan, dan diusulkan dengan analisa kasus dan pengulangan. konsep array juga penting untuk dikuasai, dan diakhir dengan konsep file dan pemanfaatannya. This course discusses the importance of algorithms in making programs. The material will begin with a basic type form, followed by the concept of variables. then introduced the type of formation and enumeration. Making algorithms in algorithm notation is also taught, and it is followed by case analysis and repetition. The concept of arrays is also important to master, and ends with the concept of files and their utilization. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Inge. (2007). Diktat Prosedural Algoritma dan pemrograman. ITB. Tutorialspoint, Learn C Programming. |
AZK1JAB3 Matematika Diskrit / AZK1JAB3 Discrete Mathematics |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 3 SKS. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang konsep teori himpunan, relasi dan fungsi, dan kombinatorial. Mata kuliah ini juga memberikan keahlian kepada mahasiswa tentang kemampuan menyelesaikan aplikasi graf dan pohon, serta menghitung kompleksitas algoritma. This course gives knowledge about the concepts of set theory, relations and functions, and combinatorials. This course also provides expertise to students in having abilities to complete graph and tree applications, calculating algorithm complexity. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Munir, Rinaldi. (2010). Matematika Diskrit. Informatika. Rosen, Kenneth. (2011) Discrete Mathematics and Its Applications, Edition. 7th. McGraw-Hill Education. Johnsonbaugh, Richard. (2015). Discrete Mathematics, Edition. 8th. Pearson. |
UCK1EDB1 Internalisasi Budaya dan Pembentukan Karakter / UCK1EDB1Cultural Internalization and Character Formation |
Mata Kuliah Pembentukan Karakter (H.E.I) merupakan mata kuliah wajib (1 SKS) di Telkom Universitas tentang penanaman karakter mahasiswa berdasarkan nilai-nilai Harmony, Excellence dan Integrity di Telkom University, serta wawasan dalam penguatan ketahanan lingkungan kampus. Mata kuliah ini mendorong perilaku mahasiswa untuk mampu menyesuaikan diri dalam kebiasaan kampus, meningkatkan keeratan antara mahasiswa dengan kampus, dan bertanggung jawab dalam menjaga lingkungan kampus. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Nilai-nilai HEI Universitas Telkom. |
Semester 2
AZK1FAB3 Kalkulus 2/ AZK1FAB3 Calculus 2 |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 3 SKS.Topik perkuliahan terdiri dari teknik Pengintegralan, Barisan dan Deret, Fungsi Vektor, Fungsi Dua Peubah, Integral Lipat Dua, dan Integral Lipat Tiga. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang konsep barisan dan deret, fungsi vektor, dan fungsi dua peubah. Mata kuliah ini juga memberikan keahlian mahasiswa tentang kemampuan menyelesaikan soal-soal terkait teknik pengintegralan, kekonvergenan barisan dan deret, serta integral lipat dua dan tiga. Lecture topics consist of Integration, Numbers and Series techniques, Vector Functions, Two Variable Functions, Double Integral, and Triple Integral. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Purcell, E. J., & Rawuh. (2014). Kalkulus dan Geometri Analitis. Edisi Kelima Jilid. Edisi Ketiga Jilid, 1. Stewart, J. (2003) Kalkulus. Erlangga, edisi Keempat jilid, 1. Varberg, D., Purcell, E., Rigdon, S. (2011). Calculus, Edition 9th. Pearson. |
AZK1GAB3 Fisika 2/ AZK1GAB3 Physics 2 |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 3 SKS. Mata kuliah ini berfokus pada materi listrik dan magnet. Konsep muatan, gaya listrik, medan listrik dan potensial listrik akan dipelajari, didukung oleh aplikasinya pada komponen-komponen pasif elektronika seperti resistor, kapasitor dan induktor. Selain itu, konsep magnet, induksi magnet, hukum faraday, induktansi dan energi dalam magnet akan dipelajari. Implementasi teori listrik dan magnet ini akan dipelajari melalui suatu rangkaian listrik AC dan DC. This course focuses on studying electricity and magnetism. The concept of charge, electric force, electric field and electric potential will be learned, also their applications in passive electronic components such as resistors, capacitors and inductors. In addition, the concept of magnetism, magnetic induction, faraday’s law, inductance and energy in magnets will be studied as well. The implementation of the theory of electricity and magnetism will be introduced through AC and DC electrical circuit chapters. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Sutrisno. (1982). Seri Fisika Dasar Listrik dan Magnet. ITB. Giancoli, D. C. (1988). Physics for scientists and engineers. Tipler, P. A. (1991). Fisika Untuk Sains dan Teknik. Edisi Ketiga Jilid. Edisi Ketiga Jilid, 2. |
AZK1HAB1 Praktikum Fisika 2/ AZK1HAB1 Physics Lab Works 2 |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 2 SKS. Mata kuliah ini merupakan praktikum fisika dasar yang terkait dengan mata kuliah Fisika B tentang listrik dan magnet. Dalam praktikum ini, mahasiswa dilatih untuk melakukan pengamatan fenomena fisis dan menggunakan alat ukur pada kelistrikan (arus dan tegangan), kapasitor, jembatan wheatstone dan induksi magnet. Mahasiswa diharapkan Mampu melihat korelasi antara konsep/teori dan praktik serta melakukan analisa sederhana terhadap hasil praktikum. This course is a basic physics laboratorium class related to Physics B: electricity and magnetism. In this hands-on class, the students are trained to observe physical phenomena and how to use the measuring devices on electricity (current and voltage), capacitors, wheatstone bridges and magnetic induction. The students are expected to be able to learn the correlation between the concepts/theory and practice and conduct a simple analysis of the results of the laboratorium class. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Telkom University. Modul Praktikum Fisika Dasar B. Giancoli, D. C. (1988). Physics for scientists and engineers. Tipler, P. A. (1991). Fisika Untuk Sains dan Teknik. Edisi Ketiga Jilid. Edisi Ketiga Jilid, 1. |
AZK1KAB3 Aljabar Linier/ AZK1KAB3 Linear algebra |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 3 SKS. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang matriks dan operasinya, determinan matriks, Sistem Persamaan Linear (SPL), vektor di bidang dan di ruang, ruang vektor dan sub ruang vektor, ruang hasil kali dalam, transformasi linier, serta ruang eigen. This course gives knowledge about matrices and its operations, matrix determinants, Linear Equation Systems, vectors in fields and in space, vector spaces and vector subspaces, inner product spaces, linear transformations, and eigenspaces. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Anton, H., & Rorres, C. (2014). Elementary linear algebra: applications version. John Wiley & Sons. Lay, D. C., & Lay, S. R. (2015). Linear Algebra and Its Applications. Edition. 5th. Pearson. Leon, S. J. (2014). Linear Algebra with Applications, 9th Edition. Pearson |
AZK2BAB3 Variabel Kompleks/ AZK2BAB3 Complex Variables |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 3 SKS. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang sistem bilangan kompleks, fungsi kompleks, keanalitikan dan integrasi, deret fungsi kompleks. Mata kuliah ini juga memberikan keahlian mahasiswa tentang kemampuan menyelesaikan integral kompleks, deret fungsi kompleks, serta residu dan penggunaannya untuk menyelesaikan integral kompleks dan integral real.This course gives knowledge about complex number systems, complex functions, analytics and integration, complex function sequences. This course also provides expertise to students in having abilities to solve complex integrals, complex function sequences, and residues and their use to solve complex integrals and real integrals. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Brown, James., & Churchill, Ruel. (2013). Complex Variables and Applications, Edition. 9th. McGraw-Hill Education . Ablowitz, M. J., Fokas, A. S., & Fokas, A. S. (2003). Complex variables: introduction and applications. Cambridge University Press. Kreyszig, E. (2011). Advanced Engineering Mathematics. Edition. 10th. |
ABK1AAB3 Rangkaian Listrik 1/ ABK1AAB3 Electrical Circuits 1 |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 4 SKS. Mata kuliah ini memberikan pengertian tentang konsep rangkaian listrik, mempelajari Hukum Ohm, Hukum Kirchoff, dan aplikasinya baik dalam rangkaian DC maupun AC dengan menggunakan metode analisis dan teorema termasuk di dalamnya membahas komponen pasif R, L, C dan komponen aktif sumber tegangan dan arus, berikut dibahas nilai besaran-besaran rangkaian listrik, membahas daya pada komponen RLC, frekuensi kompleks dan fungsi transfer berikut aplikasi pada respons frekuensi dan kutub empat dan kopling magnetik.The courses provide about the concept of electric circuit, learning Ohm’s Law, Kirchoff’s Law, and their applications both in the DC and AC circuits using analytical methods and theorems including passive components of R, L, and C and active components of the source voltage and current, the value of electrical circuits, also discusses the power on RLC components, the complex frequency and transfer function and the application of frequency response and two-part network, and magnetic coupling. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Svoboda, J. A., & Dorf, R. C. (2006). Introduction to electric circuits. John Wiley & Sons. Ramdhani, Mohammad. (2008). Rangkaian Listrik. Erlangga |
AZK2HAB3 Teknik Digital/ AZK2HAB3 Digital Engineering |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 3 SKS. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang Aljabar Boolean dan implementasinya pada Rangkaian Logika, Mata kuliah ini juga memberikan keahlian mahasiswa tentang Aspek aspek apa saja yang diperlukan untuk merancang sebuah sistem rangkaian logika. Mata kuliah ini memberikan keterampilan mahasiswa dalam mengimplementasikan hasil rancangan kedalam rangkaian sebenarnya. Sedangkan untuk materi sistem digitalnya meliputi pengenalan gerbang logika dasar dan software quartus, pengenalan rangkaian kombinasional, flip-flop, sekuensial, VHDL, FPGA. This course provides knowledge about Boolean Algebra and its implementation in Logic Series. This course also provides the students with expertise on what aspects are required to design a logic circuit system. This course also provides students the skills on implementing the design results into a real series, whereas the digital system material includes the introduction of basic logic gates and quartus software, introduction of combinational circuits, flip-flops, sequential, VHDL, FPGA. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Vranesic, Z. G., & Brown, S. (2003). Fundamentals of digital logic with VHDL design. McGraw Hill. Tinder, R. F. (2000). Digital Engineering Design. International Editions. Prentice-Hall. |
Semester 3
AZK2AAB3 Probabilitas dan Statistika/ AZK2AAB3 Probability and Statistics |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 3 SKS. Kuliah ini memberikan gambaran singkat kepada mahasiswa tentang statistika termasuk didalamnya ilmu peluang (probabilitas). Sesuai dengan nama kuliahnya, porsi ilmu peluang yang diberikan dalam kuliah ini memang cukup besar. Pada awal-awal kuliah, mahasiswa mendapatkan gambaran-gambaran singkat tentang statistika termasuk penyajian data secara sederhana melalui materi ukuran statistik dan statistika deskriptif. This course gives description to students about statistics including the science of probability. According to the course name, probability given in course is indeed quite large. At the beginning of the course, students get an overview of statistics including simple presentation of data through statistical measures and descriptive statistics. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Montgomery, D. C., & Runger, G. C. (2014). Applied statistics and probability for engineers. John Wiley and Sons. Walpole, R. E., Myers, R. H., Myers, S. L., & Ye, K. (2017). Probability & statistics for engineers & scientists. MyStatLab update. |
AZK2CAB3 Persamaan Diferensial/ AZK2CAB3 Differential Equations |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 3 SKS. Kuliah ini membahas persamaan diferensial orde 1 dan pemodelannya, persamaan diferensial orde 2 dan pemodelannya, sistem linier persamaan diferensial orde 1, solusi deret dan Transformasi Laplace. This course discusses first-order differential equations and its modeling, second-order differential equations and its modeling, system of linear first-order differential equations, series solutions and Laplace transform. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Zill, D. G. (2012). A first course in differential equations with modeling applications. Cengage Learning. Robinson, J. C. (2004). An introduction to ordinary differential equations. Cambridge University Press. Kreyszig, E. (2011). Advanced Engineering Mathematics. Edition. 10th. |
AZK2EAB3 Elektromagnetika/ AZK2EAB3 Electromagnetics |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 3 SKS. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang hukum listrik-magnet, persamaan Maxwell, teori perambatan gelombang elektromagnetik dalam berbagai bahan, dan konsep electromagnetic compatibility. Mata kuliah ini juga memberikan keterampilan dalam menganalisis medan dan gelombang elektromagnetik. Perkuliahan dimulai dengan review analisis vektor, sistem koordinat, dan hukum listrik-magnet hingga persamaan Maxwell bentuk integral dan diferensial. Persamaan Maxwell tersebut digunakan untuk menurunkan persamaan gelombang datar serbasama yang merambat dalam berbagai jenis bahan: dielektrik, konduktor, dan bahan magnetis. Konsep syarat batas juga diperkenalkan. Kuliah diakhiri dengan pengenalan terhadap kompatibilitas elektromagnetik. This course provides sciences of electromagnetic laws, Maxwell equations, electromagnetic wave propagation theory, and electromagnetic compatibility concepts. This course also provides skill to analyze electromagnetic fields and waves. This study is started from vector analysis review, coordinate systems and electric-magnet laws to Maxwell equations in integral and differential forms. The Maxwell equations is used to analyze electromagnetic fields and waves progates to the media. Boundary requirement concepts are also introduced. End of this course electromagnetic compatibility concepts are also introduced. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Iskander, M. F. (2013). Electromagnetic fields and waves. Waveland Press. Ramo, S., Whinnery, J. R., & Van Duzer, T. (1994). Fields and waves in communication electronics. John Wiley & Sons. KODALI, V. P. (2001). Engineering Electromagnetic Compatibility. IEEE Press. CHENG, D. K., (2014). Field and Wave Electromagnetics. Edition. 2nd. Pearson. Hayt Jr, W. H., & Buck, J. A. (2001). Engineering electromagnetics. Wentworth, S. M. (2005). Fundamentals of electromagnetics with engineering applications. John Wiley & Sons Incorporated. |
ABK2AAB3 Rangkaian Listrik 2/ ABK2AAB3 Electrical Circuits 2 |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 4 SKS. Mata kuliah ini memberikan pengertian tentang konsep rangkaian listrik, mempelajari Hukum Ohm, Hukum Kirchoff, dan aplikasinya baik dalam rangkaian DC maupun AC dengan menggunakan metode analisis dan teorema termasuk di dalamnya membahas komponen pasif R, L, C dan komponen aktif sumber tegangan dan arus, berikut dibahas nilai besaran-besaran rangkaian listrik, membahas daya pada komponen RLC, frekuensi kompleks dan fungsi transfer berikut aplikasi pada respons frekuensi dan kutub empat dan kopling magnetik. The courses provide about the concept of electric circuit, learning Ohm’s Law, Kirchoff’s Law, and their applications both in the DC and AC circuits using analytical methods and theorems including passive components of R, L, and C and active components of the source voltage and current, the value of electrical circuits, also discusses the power on RLC components, the complex frequency and transfer function and the application of frequency response and two-part network, and magnetic coupling. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
ABK2BAB1 Praktikum Rangkaian Listrik/ ABK2BAB1 Electrical Circuits Lab Works |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 1 SKS. Pada matakuliah PTE 1 akan dibahas materi tentang Rangkaian Listrik dan Sistem Digital. materi rangkaian listriknya meliputi pengenalan alat ukur dan rangkaian arus searah, pengenalan aplikasi multisim, teorema thevenin dan norton, impedansi dan fungsi transfer, resonansi, dan teorema kutub empat. sedangkan untuk materi sistem digitalnya meliputi pengenalan gerbang logika dasar dan software quartus, pengenalan rangkaian kombinasional, flip-flop, sekuensial, VHDL, FPGA. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
ABK2CAB3 Mikrokomputer/ ABK2CAB3 Microcomputer |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 4 SKS. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang Sistem Mikrokomputer dan aplikasinya. Mata kuliah ini juga memberikan keahlian mahasiswa tentang aspek-aspek apa saja yang diperlukan untuk merancang sebuah sistem komputer. Mata kuliah ini memberikan keterampilan mahasiswa dalam Merancang sistem mikrokomputer dan membuat program sistem mikrokomputer tersebut yang sesuai dengan kebutuhan aplikasinya. This course provides knowledge about microcomputer systems and their applications. This course also gives the students expertise in what aspects are required to design a computer system. This course also gives the students skills on designing microcomputer systems and making the microcomputer system program that suits their application needs. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Singh, A., & Triebel, W. A. (1989). The 8088 Microprocessor: Programming, Interfacing, Software, Hardware, and Applications. Prentice Hall. The datasheet ATMEGA8535. 128. |
ABK2DAB1 Praktikum Teknik Digital & Mikrokomputer/ ABK2DAB1 Digital Technique & Microcomputer Lab Works |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 1 SKS. Pada matakuliah PTE 2 akan dibahas materi tentang Rangkaian Listrik dan Sistem Digital. materi rangkaian listriknya meliputi pengenalan alat ukur dan rangkaian arus searah, pengenalan aplikasi multisim, teorema thevenin dan norton, impedansi dan fungsi transfer, resonansi, dan teorema kutub empat. sedangkan untuk materi sistem digitalnya meliputi pengenalan gerbang logika dasar dan software quartus, pengenalan rangkaian kombinasional, flip-flop, sekuensial, VHDL, FPGA. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
ABK2EAB3 Fisika 3A/ ABK2EAB3 Physics 3A |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Semester 4
ABK2FAB3 Elektronika/ ABK2FAB3 Electronics |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 4 SKS. Mata Kuliah ini mempelajari karakteristik bahan semikonduktor, mempelajari karakteristik dioda dan rangkaian aplikasi dioda, mempelajari karakteristik transistor dan analisis rangkaian transistor (BJT dan FET), menganalisis penguat bertingkat menggunakan transistor, dan mempelajari prinsip kerja dan menganalisis rangkaian analisis dengan Op-Amp. Mata Kuliah ini juga memberikan keterampilan mahasiswa dalam menggunakan perangkat lunak sebagai alat bantu simulasi The course studies on the characteristics of semiconductor materials, characteristics of diodes and diode application circuits, the characteristics of transistors and transistor circuit analysis (BJT and FET). Analysis of multilevel amplifiers using transistors, and learns an Op-Amp including the working principle and analysis circuit. This course also provides student skills in using software as the simulation aid. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Sedra, A. S., & Smith, K. C. (2004). Microelectronic Circuits. Oxford University Press. Boylestad, R. L., & Nashelsky, L. (2013). Electronic devices and circuit theory. Prentice Hall. Jaeger, R. C., & Blalock, T. N. MICROELECTRONIC CIRCUIT DESIGN. McGraw-Hill. Neamen, D. A. (2010). Microelectronics: circuit analysis and design. McGraw-Hill. |
ABK2GAB1 Praktikum Elektronika/ ABK2GAB1 Electronics Lab Works |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 1 SKS. Mata kuliah ini membahas konsep dasar mikroprosesor mikrokontroler dan mikrokomputer, serta bagaimana cara menggunakan tiap fungsinya. Selain itu, mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang teori dan elektronika dasar, juga memberikan keahlian mahasiswa tentang kemampuan menganalisis rangkaian elektronika dan memberikan keterampilan mahasiswa dalam menggunakan perangkat lunak LTSpice sebagai alat bantu. This course discusses the basic concepts of microcontroller and microcomputer microprocessors and how to use each function. In addition, this course also provides knowledge of basic theory and electronics. Utilization of LTSpice software as a tool will be used to provide skill for analysis of electronic circuits. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Modul Praktikum Teknik Elektronika 2. Telkom University. Sedra, A. S., & Smith, K. C. (2004). Microelectronic Circuits. Oxford University Press. Boylestad, R. L., & Nashelsky, L. (2013). Electronic devices and circuit theory. Prentice Hall. |
ABK2HAB3 Sensor dan Aktuator/ ABK2HAB3 Sensor and Actuator |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 3 SKS. Mata Kuliah ini memberikan pemahaman konsep dasar dan prinsip kerja jenis-jenis sensor dan aktuator dalam berbagai aplikasi. Mahasiswa diharapkan dapat menganalisis dan memilih perangkat sensor dan aktuator yang tepat dalam implementasinya, serta penggunaan component interconnection dan signal conditioning dalam pengoperasiannya. This course provides an understanding of the basic concepts and working principles of various sensors and actuators in various applications. Students are expected to be able to analyze and select the suitable sensor and actuator devices in their implementation, as well as the use of interconnection components and signal conditioning in its operation. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Jacob Fraden.(2017). Handbook of Modern Sensor: Physics, Design, and Applications. Springer. Webster, J. G. (Ed.). (1999). The Measurement, Instrumentation, and Sensors: Handbook. Springer Science & Business Media. Wilson, J. S. (Ed.). (2005). Sensor Technology Handbook (Vol. 1). Newnes. |
ABK2IAB3 Sistem Kendali/ ABK2IAB3 Control System |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 3 SKS. Mata kuliah menjelaskan teori dasar sistem kendali mulai dari dasar matematis yang dibutuhkan seperti diagram mason,persamaan diferensial, transformasi laplace, fungsi alih, state space, pemodelan sistem untuk sistem orde-1 dan orde-2 , tipe sistem, teori kestabilan menggunakan metode routh hurwitz, root locus, bode plot, dan diagram nyquist. Setelah mempelajari tools untuk analisa sistem kendali , selanjutnya mahasiswa dapat mendesain dan mensimulasikan suatu sistem kendali analog/ kontinu sederhana menggunakan Matlab dan Simulink . Di akhir kuliah mahasiswa diharapkan dapat membuat realisasi suatu sistem kendali analog menggunakan rangkaian pengendali analog. This course explains about the basic theory of control system design which starts from basic mathematics such as maso diagram, differential equation, laplace transformation, transfer function, state-space, system modelling for the first and the second order system, type of system, stability analysis using routh hurwitz, root locus, bode plot,and Nyquist diagram. After learning the tools for Control System analyzing, the next lessons will guide the students to design and simulate a simple analog/continue control system using Matlab and Simulink. In the final course, hopefully, students can make the realization of analog control system by using an analog controller circuit. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Norman Nise.(2015). Control System Engineering.(7th ed). Wiley Ogata, K. (1997). Modern control systems. Prentice Hall. |
ABK2JAB1 Praktikum Sistem Sensor dan Kendali/ ABK2JAB1 Sensor System & Control Lab Works |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 1 SKS. Mata kuliah ini membahas tiga bagian besar: sistem kendali dasar, pengolahan sinyal waktu diskrit (PSWD) dan sensor dan aktuator. Pada bagian sistem kendali dasar, mata kuliah ini memberikan wawasan tentang dasar sistem kendali dengan umpan balik, realisasinya untuk sistem pengaturan posisi dan kecepatan menggunakan DC servo. Untuk bagian PSWD, membahas ADC DAC Sinyal dan Sistem, Transformasi Z dan Transformasi Fourier, Implementasi Filter IIR dan FIR. Mata kuliah ini juga memberikan pengetahuan tentang rangkaian elektronika terapan. This course discusses three major parts: basic control systems, discrete time signal processing (PSWD) and sensors and actuators. In the basic control system section, this course provides insight into the basic control systems with feedback, their realization for positioning systems and speed using DC servo For the PSWD section, discussing ADC DAC Signals and Systems, Transformation Z and Fourier Transformation, Implementation of IIR and FIR Filters. This course also provides knowledge about applied electronic circuits. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Wentworth, S. M. (2005). Fundamentals of electromagnetics with engineering applications. John Wiley & Sons Incorporated. Sedra, A. S., & Smith, K. C. (2004). Transparency Acetates for Sedra/Smith Microelectronic Circuits. Oxford University Press. |
ABK2KAB3 Sistem Telekomunikasi/ ABK2KAB3 Telecommunications System |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 3 SKS. Mata kuliah ini memberikan pendalaman konsep sistem telekomunikasi beserta detail diagram blok pembentuknya. Pembahasan meliputi: overview sistem telekomunikasi; Parameter telekomunikasi; Modulasi dan Demodulasi; Digital Transmission system; Multiple akses dan Spread Spectrum; Pengenalan Source Coding dan Channel coding; Komunikasi Data; Struktur jaringan Internet; Pengalamatan pada Internet. Mahasiswa yang telah lulus mata kuliah ini diharapkan memiliki pemahaman awal yang baik jika ingin melakukan penelitian atau tugas akhir pada area telekomunikasi. This course talks about the concept of the telecommunications system until overview of block diagram system. The discussion given contains : an overview of the telecommunications system; Telecommunication parameters; Modulation and Demodulation; Digital Transmission system; Multiple Access and Spread Spectrum; Introduction to Source Coding and Channel coding; Data Communication; Internet network structure; Addressing on the Internet. Students who have passed this course are expected to have a good initial understanding if they want to do research or final project in the telecommunications area. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Sklar, B. (2001). Digital communications: fundamentals and applications. Haykin, & Simon.(2014). Communication Systems(4th ed.). john Wiley & Sons Taub, H., & Schilling, D. L. (1986). Principles of communication systems. McGraw-Hill Higher Education. Douglas E. Comer. Computer Networks and Internets. Prentice Hall |
ABK2KAB3 Sinyal dan Sistem Waktu Kontinu/ ABK2KAB3 Continuous Time Signal and System |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 3 SKS. Mata kuliah ini mempelajari pemrosesan sinyal dan sistem waktu kontinyu yang dapat dilakukan dalam kawasan waktu yang dijabarkan dengan berbagai operasi sinyal, pemrosesan sinyal dan analisis sinyal dalam kawasan frekuensi dengan memanfaatkan Deret Fourier untuk sinyal waktu kontinyu periodik dan Transformasi Fourier untuk sinyal waktu kontinyu tidak periodik, serta mempelajari Transformasi Laplace yang diperlukan untuk perancangan filter analog sebagai bentuk analisa sistem kontinyu secara konkrit This course studies signal processing and continuous systems carried out in time zones that are described by various signal operations, signal processing and signal analysis at interval frequency regions, by utilizing Fourier series for periodic continuous time signals and Fourier transform for non-periodic continuous time signals. The course also studies Laplace Transformation for designing analog filters, as a form of continuous analysis of concrete systems. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Ramo, S., Whinnery, J. R., & Van Duzer, T. (1994). Fields and waves in communication electronics. John Wiley & Sons. |
ABK2MAB3 Teknik Pengukuran dan Akuisisi Data/ ABK2MAB3 Measurement and Data Acquisition Techniques |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 3 SKS. Mata kuliah (MK) ini memuat materi tentang sistem data akuisisi yang direpresentasikan dengan analog-to-digital converter (ADC) dan digital-to-analog converter (DAC) beserta sub-bagian pendukungnya. MK ini mencakup teori dan rangkaian praktis. Materi dicakup di MK ini antara lain jenis-jenis dan prinsip kerja ADC dan DAC, dasar-dasar data sampling (filter, sample and hold, quantization), beragam format data digital keluaran ADC. This course contains data acquisition systems theory which is represented by an analog-to-digital converter (ADC) and a digital-to-analog converter (DAC) with its sub-sections. This course includes theory and practice. The theory in this course includes the types and the principles of ADC and DAC, the basics of data sampling (filter, sample and hold, quantization), and various ADC output digital data formats. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Cheng, D. K., (2014). Field and Wave Electromagnetics. Edition. 2nd. Pearson. Moscovici, A. (2001). High speed A/D converters: understanding data converters through SPICE (Vol. 601). Springer Science & Business Media. Kester, W., & Engineeri, A. D. I. (2005). Data conversion handbook. Newnes. |
Semester 5
ABK3AAB3 Elektronika 2 / ABK3AAB3 Advance Electronics |
Daftar Pustaka – Bibliography |
ABK3BAB3 Sinyal dan Sistem Waktu Diskret/ ABK3BAB3 Discrete Time Signal and System |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 3 SKS. Mata kuliah ini menjelaskan tentang pemrosesan sinyal waktu diskrit dapat dilakukan dalam kawasan waktu yang dijabarkan dengan berbagai operasi sinyal, antara lain konvolusi dan korelasi sinyal. Pemrosesan juga dapat dijelaskan dalam kawasan frekuensi dengan memanfaatkan Transformasi Fourier, Transformasi Fourier Diskrit, FFT dan Transformasi-Z serta transformasi diskrit lainnya yang akan mendukung keperluan analisa-sintesa aralle diskrit. Perancangan Filter Digital IIR dan FIR dengan berbagai metode merupakan bentuk analisa-sintesa aralle digital secara konkrit. This course explains about the processing of discrete time signals that can be done in the time zone described by various signal operations, including signal convolution and correlation. Processing can also be explained in the frequency region by utilizing the Fourier Transform, Discrete Fourier Transform, FFT and Z-Transformation and other discrete transformations that will support the needs of discrete aralle analysis. The design of Digital Filters IIR and FIR with various methods is a form of concrete digital analysis-synthesis. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Proakis, G. John & Manolakis, G. Dimitri. Introduction to Digital Signal Processing. Maxwell MacMillan. Ludeman, Lonie C.(1987). Fundamental of Digital Signal Processing. John Wiley & Sons. Canada. Hayes, Monson H. Introduction to Digital Signal Processing. Maxwell MacMillan, DSP, Schaum Outlines. |
ABK3CAB3 Otomatisasi Industri/ ABK3CAB3 Industrial Automation |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 3 SKS. Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang aplikasi sistem otomatisasi industri mencakup identifikasi kebutuhan sistem, integrasi peralatan (sensor, aktuator, dan kontroler), prinsip kerja, instalasi dan perbaikan, pemrograman programmable logic controller (PLC), pengenalan distributed control system (DCS) dan Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA). This course provides an understanding of industrial automation system applications including identification of system requirements, equipment integration (sensors, actuators, and controllers), work principles, installation and repair, programmable logic controller (PLC) programming, introduction of distributed control systems (DCS) and Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA). |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Bolton, W. (2015). Programmable logic controllers. Newnes. Hanssen, D. H. (2015). Programmable logic controllers: a practical approach to IEC 61131-3 using CODESYS. John Wiley & Sons. Bartelt, T. L. (2011). Industrial Automated Systems: Instrumentation and Motion Control (Book Only). Cengage Learning. |
ABK3DAB3 Sistem IOT/ ABK3DAB3 IOT System |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 3 SKS. Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari tentang pengantar teori dan aplikasi IoT, IoT Platform, beserta desain aplikasi interface (web dan mobile apps). Mahasiswa akan dibekali dengan pemilihan hardware IoT yang tepat (Wi-Fi, LoRa, NB-IoT) beserta programnya, tergantung dimana sistem IoT tersebut akan diaplikasikan. Pada umumnya, dari mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari bagaimana untuk melakukan monitoring suatu benda menggunakan sistem IoT. In this course, students will learn about the introduction of IoT in terms of theory and applications, the IoT Platform, and how to design interface applications (web and mobile apps). Students will learn how to make a selection of IoT hardware (Wi-Fi, LoRa, NB-IoT) and their programming, depending on where the IoT system will be applied. Overall the course is about, students will study on how to do monitoring and/or controlling a thing utilizing IoT systems. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Etter, D. IOT (Internet of Things) Programming: A Simple and Fast Way of Learning IOT Kindle Edition. |
ABK3EAB1 Praktikum Sinyal Diskrit, Otomatisasi, & IoT/ ABK3EAB1 Discrete System, Automation, & IoT Lab Works |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 1 SKS. Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari tentang aplikasi sistem otomatisasi industri mencakup identifikasi kebutuhan sistem, integrasi peralatan (sensor, aktuator, dan kontroller) yang akan dilengkapi dengan sistem IoT, mencakup pemrograman perangkat hardware dan pembuatan aplikasi interface (web dan mobile apps) In this course, students will learn about the applications of industrial automation system including identification of requirements and integration system (sensors, actuators, and controllers) which will be embedded with IoT systems, including hardware device programming and making interface applications (web and mobile apps). |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Modul Praktikum Teknik Elektronika 4. |
ABK3FAB3 Kecerdasan Buatan / ABK3FAB3 Artificial Intelligence |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 3 SKS. Mata kuliah ini memberikan wawasan tentang sistem kecerdasan buatan yang diaplikasikan pada sistem kendali. Dalam mata kuliah ini membahas mengenai dasar dasar fuzzy logic controller mulai dari teori himpunan fuzzy , logika fuzzy, konsep penalaran fuzzy , fuzzy rule dan fuzzy inference system. Untuk pengenalan pola akan dibahas dasar dasar Neural network mulai single layer neuron dan perceptron , multilayer perceptron, sampai dengan algoritma pembelajaran menggunakan back propagation algorithm. This course provides insight into artificial intelligence systems that are applied to control systems. This course discusses the basic fuzzy logic controller starting from fuzzy set theory, fuzzy logic, fuzzy reasoning concepts, fuzzy rules and fuzzy inference systems. For pattern recognition, will be discussed the basics of neural networks from single layer neurons and perceptrons, multilayer perceptrons, to learning algorithms using back propagation algorithms. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Jang, J. S. R., Sun, C. T., & Mizutani, E. (1997). Neuro-fuzzy and soft computing-a computational approach to learning and machine intelligence [Book Review]. IEEE Transactions on automatic control, 42(10), 1482-1484. Hagan, M. T., Demuth, H. B., & Beale, M. (1997). Neural network design. PWS Publishing Co.. Lee, K. H. (2004). First course on fuzzy theory and applications (Vol. 27). Springer Science & Business Media. |
ABK3GAB2 Sistem Tenaga/ ABK3GAB2 Power System |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 3 SKS. Mata kuliah memberikan pembelajaran tentang karakteristik pembangkitan listrik dari sumber energi terbarukan yang berbeda-beda seperti tenaga air, angin, matahari, panas bumi, biomassa dan lain-lain dan memberikan kemampuan melakukan analisa dan simulasi atas desain pembangkitan listrik menggunakan sumber energi terbarukan. Selain itu, mata kuliah ini juga memberikan analisis optimalisasi pembangkit terbarukan di Indonesia. The course provides learning about the characteristics of electricity generation from different renewable energy sources such as hydropower, wind, solar, geothermal, biomass and others and provides the ability to analyze and simulate the design of electricity generation using renewable energy sources. In addition, this course also provides an optimization analysis of renewable plants in Indonesia. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
El-Sharkawi, M. A. (2012). Electric Energy: An Introduction. CRC Press. Decher, R. (1997). Direct Energy Conversion: fundamentals of electric power production (Vol. 3). Oxford University Press on Demand. Ackermann, T. (Ed.). (2012). Wind Power in Power Systems. John Wiley & Sons. Smets, A. H. M., Jäger, K., Isabella, O., van Swaaij, R. A. C. M. M., & Zeman, M. (2016). Solar energy: the physics and engineering of photovoltaic conversion technologies and systems. DiPippo, Ronald.(2016). Geothermal Power Plants: Principles, Applications, Case Studies and Environmental Impact.(4th ed). Butterworth-Heinemann. Elsevier Ltd. Leyland, B. (2014). Small hydroelectric engineering practice. CRC Press. |
ABK3HAB2 Sistem Tertanam/ ABK3HAB2 Embedded System |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Semester 6
ABK3IAB3 Robotika/ ABK3IAB3 Robotics |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 3 SKS. Mata kuliah ini mengenai implementasi sistem embedded elektronika dan mekatronika dalam suatu Sistem Robotik. Prinsip kerja pembangun robotik seperti: berbagai macam sensor, aktuator dan prosesing serta sistem mekanik platform robot. Prinsip Kinematika Platform robot Statik dan Mobile. Pengenalan Algoritma High level dan Low Level Control. Desain dan Implementasi Sistem Robotik. This course studies the implementation of electronic and mechatronic embedded systems in Robotic Systems. The working principle of robotic builders such as: various types of sensors, actuators and processing as well as the mechanical systems of robot platforms. Also includes kinematics principles of static and mobile robot platforms, introduction to high level and low level control algorithms, robotic system design and implementation. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Sandin, P. (2003). Robot mechanisms and mechanical devices illustrated. McGraw Hill Professional. Onwubolu, G. C. (2005). Mechatronics: principles and applications. Elsevier. Richard, D., Klafter, T., Chmielewski, A., & Negin, M. (1989). Robotic engineering is an integrated approach. |
AZK3CAC5 Proyek Perancangan Terintegrasi/ AZK3CAC5 Integrated Design Project |
Daftar Pustaka – Bibliography |
AZK3AAB2 Kerja Praktek/ KKN/ AZK3AAB2 Internship or Community Service |
Mata kuliah ini bersifat praktik secara nyata dan mandiri di instansi yang berkaitan dengan bidang Teknik Elektro. Dengan melakukan praktik secara nyata mahasiswa diharapkan dapat memahami keterkaitan antara teori, metoda, teknik, dan realita di tempat kerja. Di samping itu, wawasan dan pengalaman Kerja Praktek dapat digunakan sebagai referensi untuk bekerja setelah menyelesaikan pendidikan sarjana. Internship is a real and independent practice implemented in institutions or industries, especially in relevant industries to electronics engineering subjects. Students are expected to understand the relationship among the theories, methods, techniques, and the applications at the workplace. In addition, the technical knowledge and experience in internship can be used as a reference for a job after completing the undergraduate education. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
(2020). Buku Panduan Kerja Praktek Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom. Depdiknas, P. B. (2002). Kamus besar bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka, 9. (2000). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan, Panitia Pengembangan Bahasa Indonesia. |
AZKXAAB3 Manajemen Proyek / AZKXAAB3 Project Management |
Daftar Pustaka – Bibliography |
UCKXBDB2 Literasi Data/ UCKXBDB2 Data Literacy |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 2 SKS. Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari siklus hidup data mencakup pendefinisian pertanyaan penelitian, pengumpulan dan pengorganisasian data, pembersihan data, eksplorasi dan visualisasi data, analisis dan interpretasi data, berkomunikasi dengan data; serta berbagai legal dan ethical issues yang berhubungan dengan data. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Lambers, E.E., et. al. How to Become Data Literate and Support a Data-Driven Culture. Compact 2018/4. https://www.compact.nl/en/articles/how-to-become-data-literate-and-support-a-data-driven-culture/. 2018. IBM Big Data & Analytics Hub. The Four V’s of Big Data. https://www.ibmbigdatahub.com/infographic/four-vs-big-data. Oracle. What is Big Data. https://www.oracle.com/big-data/what-is-big-data.html#link5 Smith, Che. Essentials of Data Literacy. edX Course. Davidson. 2020 D. Forsyth, Probability and Statistics for Computer Science, Springer, 2018. H. Wickham and G. Grolemund, R for Data Science, O’Reilly, 2017. Pratama, Erik B, The Rise of Data Ethics & Security, AIDI Webinar, 29 July 2020. Whitman, Michael & Mattord, Herbert J. Management of Information Security, sixth edition, Cenange Learning, 2018 Data Ethics Framework. Department for Digital, Culture Media & Sport, UK. 2018 Heumann , C., & Schomaker , M. Introduction to statistics and data analysis. Springer International Publishing Switzerland. 2016 Ott, Lyman. An introduction to statistical methods and data analysis. 5th ed . Duxbury Thomson Learning. 2001 McCallum, Q. Ethan. Bad Data Handbook. Mapping the World of Data Problems. Sebastopool, CA: O’Reilly Media, Inc. 2013. |
UCKXDDB2 Literasi Manusia/ UCKXDDB2 Human Literacy |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 2 SKS. Mata kuliah literasi manusia mempelajari ‘knowledge of being human’. Tujuan dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa memiliki kompetensi abad 21 yang terdiri dari komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreatif dan inovatif. RPS disusun berdasarkan 5 elemen inti dari literasi manusia yaitu: Socially, Physically, Intellectually, Culturally dan Emotionally. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Aoun, Joseph E.. Robot-Proof : Higher Education in the Age of Artificial Intelligence, MIT Press, 2017. ProQuest Ebook Central Pearson, Judy C; Nelson, Paul E., Titsworth, Scott; Harter Lin. Human Communication, %th Edition. 2013. McGraw Hill Andrews FM, Withey SB. Social indicators of well-being. NewYork: Plenum Press; 1976:63–106. |
UBKXBCB2 Pancasila/ UBKXBCB2 Pancasila |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 2 SKS. Pada mata kuliah ini mempelajari urgensi mempelajari pendidikan Pancasila untuk masa depan, membangun paradigma baru dalam dirinya sendiri berdasar nilai-nilai Pancasila melalui kemampuan menjelaskan dan menganalisis Pancasila dalam berbagai kajian. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan RI 1945 Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristek dikti RI, cetakan I, 2016 Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2013. Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Aiken, H. D.. 2009. Abad Ideologi, Yogyakarta: Penerbit Relief. Ali, As’ad Said. 2009. Negara Pancasila Jalan Kemaslahatan Berbangsa. Jakarta: Pustaka LP3ES. Bakry, Noor Ms. 2010. Pendidikan Pancasila. Pustaka Pelajar: Yogyakarta Branson, M. S. 1998. The Role of Civic Education, A Fortcoming education policy Task Force Position. Paper from the Communitarian Network. Kaelan. 2013. Negara Kebangsaan Pancasila: kultural,historis, filosofis, yuridisdan aktualisasinya. Yogyakarta: Paradigma |
Semester 7
AZK4DAA2 Metode Riset dan Pengembangan Produk/ AZK4DAA2 Research and Product Development Methods |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 2 SKS. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang dasar-dasar dan kaidah penulisan makalah ilmiah, dan proses penelitian; memberikan pengalaman kepada mahasiswa pada sebuah siklus proses perancangan rekayasa yang lengkap pada sebuah kasus penyelesaian masalah rekayasa nyata. Diharapkan mahasiswa mampu merumuskan permasalahan penelitian yang akan dilakukan dalam bentuk proposal penelitian yang mencakup latar belakang dan tujuan penelitian, perumusan dan batasan masalah, hipotesis, model sistem dan teori pendukung, yang akan menjadi panduan/arah bagi pelaksanaan penelitian selanjutnya dalam Mata Kuliah Tugas Akhir. This course provides knowledge about the basics and conventions of writing scientific papers and the research process; it gives students experience in a complete engineering design process cycle when solving real engineering problems. It is expected that students will be able to formulate research problems that will be carried out in the form of research proposals that include the background and objectives of the study, the formulation and limits of the problem, hypotheses, system models and supporting theories, which will be a guide / direction for the implementation of further research in the Final Project Course. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Ogden, T. E., & Goldberg, I. A. (2002). Research proposals: A guide to success. Academic Press. William Chang.(2014). Metodologi Penulisan Ilmiah. Erlangga |
AZK4AAB2 Stadium Generale/ AZK4AAB2 Stadium Generale |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 2 SKS. Mata kuliah ini memberikan wawasan dan pengetahuan umum kepada mahasiswa tentang perkembangan isu-isu penting terkini yang terjadi di masyarakat dengan mengundang para pakar yang kompeten di bidangnya. Isu tersebut meliputi bidang lingkungan, biologi dan kesehatan, ekonomi global dan technopreneurship, budaya dan globalisasi, pengembangan diri dan sikap, hukum dan HaKI serta perkembangan dan bisnis ICT dalam berbagai aplikasi. Studium Generale broadens the student’s knowledge about recent technological and non-technological developments by inviting experts to give public lectures. These issues include the environment, biology and health, global economy and technopreneurs, culture and globalization, self- and attitude developments, law and intellectual property rights, and ICT and business development. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Depdiknas, P. B. (2002). Kamus besar bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka, 9. Harris, F. (Ed.). (2012). Global environmental issues. John Wiley & Sons. |
ABK4XBB3* MK Pilihan 1/ ABK4XBB3* Elective Course 1 |
Daftar Pustaka – Bibliography |
UBKXACB2 Pendidikan Kewarganegaraan / UBKXACB2 Civics Education |
Daftar Pustaka – Bibliography |
ABK3JAB2 Ekonomi Kelayakan dan Perencanaan Bisnis / ABK3JAB2 Economic Feasibility and Business Planning |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 2 SKS. Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan diajarkan mengenai proses pengambilan keputusan atas alternatif di bidang rekayasa dan bisnis dengan pertimbangan/kriteria ekonomi. Kemudian mahasiswa akan dikenalkan juga tentang proses atau model pengambilan keputusan di bidang rekayasa, konsep time value of money, konsep bunga, cash flow diagram, ekuivalensi, metode-metode analisis sebagai dasar perbandingan alternatif, metode- metode depresiasi, konsep pajak, analisis cash flow setelah pertimbangan pajak dan depresiasi. Dan yang terpenting dari kuliah ini adalah analisis investasi dan replacement. In this course, students will be taught about the decision-making process for alternatives in engineering and business with economic criteria. Then, students will also be introduced to the process or model of decision-making in engineering, the concept of the time value of money, the concept of interest, cash flow diagrams, equivalence, analytical methods as a basis for alternative comparisons, depreciation methods, tax concepts, cash flow analysis after tax considerations and depreciation. The most important part of this lecture is investment analysis and replacement. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Sullivan, Wicks, & Luxhoj.(2003). Engineering Economy.(12th ed). New Jersey,USA: Pearson Education Grant, E. L., Ireson, diskret. G., & Leavenworth, R. S. (2001). Dasar-dasar Ekonomi Teknik Jilid 1, PT. Rineka Cipta, Jakarta. Thuesen, G.J. & Fabrycky, diskret.J.(2001). Engineering Economy.(9th ed).New jersey,USA: Prentice Hall |
UBKXCCB2 Bahasa Indonesia/ UBKXCCB2 Indonesian Language |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 2 SKS. Kuliah ini memberikan kesempatan mahasiswa berlatih menulis secara terbimbing dengan materi meliputi 1)ejaan, 2)tata kata, kalimat, dan paragraf, 3)tata istilah dan definisi, 4)pemilihan topik hingga penyusunan kerangka karya ilmiah, 5)penyusunan bab pendahuluan, kajian pustaka, analisis, simpulan, pelengkap awal, pelengkap akhir, 6)konvensi karya tulis ilmiah, serta 7)keplagiatan. This course gives an opportunity for the student to practice writing in a guided manner with material covering 1) spelling, 2) grammar, sentences, and paragraphs, 3) grammar of terms and definitions, 4) selection of topics to the preparation of a framework of scientific work, 5) preparation of introductory chapters, studies literature, analysis, conclusions, initial complements, final appendages, 6) conventions of scientific papers, and 7) plagiarism. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Alwi, diskret. dkk.(2003) Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka. Puspandari, Diyas.(2011). Handout Bahasa Indonesia. Universitas Telkom. Djuroto, Toto dan Bambang Suprijadi.(2002). Menulis Artikel dan Karya Ilmiah. Bandung, Rosdakarya. |
UCKXADB2 Bahasa Inggris/ UCKXADB2 English |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 2 SKS. Mata Kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berbahasa Inggris mahasiswa, terutama dalam hal menulis dan berbicara dalam konteks akademik. Dengan mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengungkapkan ide-ide yang mereka miliki ke dalam satu paragraf yang utuh dan komprehensif serta mengkomunikasikan ide tertulis mereka melalui presentasi individu yang singkat menggunakan bahasa Inggris yang berterima dan runtut sesuai unsur kebahasaan yang benar. Oleh karenanya, matakuliah ini dibagi menjadi dua bagian utama yaitu 1) menulis dan 2) presentasi. Berkaitan dengan menulis, mahasiswa akan dipandu untuk dapat menuangkan ide mereka kedalam komponen paragraf yang meliputi: introductory sentence, topic sentence, supporting sentences, dan concluding sentence. Mahasiswa juga akan belajar merencanakan, menulis, dan merangkai keempat jenis kalimat tersebut menjadi sebuah paragraf yang komprehensif, menarik, dan mudah dipahami. Sementara itu, untuk keterampilan berbicara, mahasiswa akan belajar melalui praktek, bagaimana mempresentasikan ide secara menarik dan mudah dipahami. Dalam hal ini, mereka akan belajar prinsip ekspresi baku atau ekspresi formal, menggunakan signposting (ungkapan penyambung ide) yang benar dan sesuai konteks, menggunakan alat visual untuk memperjelas ide yang disampaikan, serta menggunakan bahasa tubuh yang baik. This course aims to develop students’ English language skills, especially in terms of writing and speaking in an academic context. By following this course, students are expected to be able to express their ideas in one comprehensive paragraph and communicate their written ideas through short individual presentations using acceptable and sequential English according to the correct linguistic elements. Therefore, this course is divided into two main parts, namely 1) writing and 2) presentation. Regarding writing, students will be guided to be able to express their ideas into paragraph components, which include introductory sentences, topic sentences, supporting sentences, and concluding sentences. Students will also learn to plan, write, and arrange these four types of sentences into a comprehensive, interesting, and easy-to-understand paragraph. Meanwhile, for speaking skills, students will learn through practice how to present ideas in an interesting and easy-to-understand way. In this case, they will learn the principles of standard expressions or formal expressions, use signposting (expression connecting ideas) that are correct and in context, use visual tools to clarify the ideas conveyed, and use good body language. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Fazio, G., Pearce, J., Lear, P., & Rowley, G. (1990). Practicing Paragraphs. Holt McDougal. Greene, A. E. (2013). Writing science in plain English. University of Chicago Press. Harlington, David., & LeBeau, C. (2008). Speaking Speech. Japan: Macmillan House. |
UAKXACB2 Agama dan Etika/ UAKXACB2 Religion and Ethics |
Daftar Pustaka – Bibliography |
UCKXADB2 Kewirausahaan/ UCKXADB2 Entrepreneurship |
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dengan beban 2 SKS. Mahasiswa dalam tiap tahapan belajar akan mengkaji pokok bahasan Pengertian Kewirausahaan, Motivasi, Inovasi, Kepemimpinan, Kreativitas, Pengembangan Ide, Kerja Sama, Negosiasi – Relasi Usaha, Business Plan, dan Praktik Business Plan; Merancang, mengimplementasi dan mengevaluasi business plan. Students in each learning phase will study the subjects of Understanding Entrepreneurship, Motivation, Innovation, Leadership, Creativity, Idea Development, Cooperation, Negotiation—Business Relations, Business Plans, and Business Plan Practices: designing, implementing, and evaluating business plans. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Hendro, I. (2011). Dasar-dasar kewirausahaan. Jakarta: Penerbit Erlangga. Rhenald Kasali,dkk.(2010). Modul Kewirausahaan. Hikmah |
Semester 8
AZK4EAA4 Tugas Akhir / AZK4EAA4 Final Project |
Mata Kuliah ini merupakan implementasi dari perencanaan yang dilakukan di mata kuliah Proposal Tugas Akhir. Mahasiswa melakukan penelitian kecil/Proyek kecil dalam bentuk Tugas Akhir dan dibimbing oleh dua pembimbing. Pada akhir kuliah, laporan Tugas Akhir akan diuji oleh dua penguji untuk mengklarifikasi penelitian kecil/proyek kecil yang telah dilakukan. This course is an implementation of the planning carried out in the Final Project Proposal course. Students conduct small research / small projects in the form of Final Projects and are guided by two supervisors. At the end of the lecture, the Final Project report will be tested by two examiners to clarify the small research / small project that has been done. |
Daftar Pustaka – Bibliography |
Novikov, A. M., & Novikov, D. A. (2013). Research methodology: From philosophy of science to research design (Vol. 2). CRC Press. Blaxter, L. (2010). How to research. McGraw-Hill Education (UK). |
ABK4XBB3* MK Pilihan 2/ ABK4XBB3*Elective Course 2 |
Daftar Pustaka – Bibliography |
ABK4XBB3* MK Pilihan 3/ ABK4XBB3* Elective Course 3 |
Daftar Pustaka – Bibliography |
ABK4XBB3* MK Pilihan 4/ ABK4XBB3* Elective Course 4 |
Daftar Pustaka – Bibliography |