Engineering Service Community 2014

“ENGINEERING SERVICE COMMUNITY”

(Kec. Dayeuh Kolot, Kec. Bojong Soang, Kec.Bandung Kidul)

ESC merupakan singkatan dari Engineering Service Community, untuk saat ini dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Universitas Telkom. Poyek ESC adalah kegiatan sukarela untuk membantu dan mendukung masyarakat lokal serta daerah berkembang lainnya.

Engineering Service Community dirancang untuk mereka yang ingin melayani orang lain melalui kemampuan yang mereka miliki. Kegiatan ini melibatkan mahasiswa dari berbagai bidang keilmuan, seperti teknik telekomunikasi, teknik elektro, system computer, teknik industri, seni dan lingkungan.

Kegiatan ini mengharuskan setiap peserta terlibat aktif dalam perancangan dan pembuatan produk untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Produk yang merka buat, nantinya akan diberikan kepada masyarakat agar bisa di manfaatkan sebagaimana fungsi dan tujuannya. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang mebutuhkan.

Apa itu Engineering Creativity Comunity?

“Engineering Creativity Community”, pendidikan yang di desain kreatif yang melibatkan bidang teknik berdasarkan jurusan yang berbeda, Dirancang untuk mahasiswa dari berbagai bidang keilmuan.

Contents of Engineering Creativity Comunity

Proyek ini dibagi menjadi lima bagian, yaitu ‘Membuat tim’, ‘Lihatlah masalah dari sudut pandang yang berbeda’, ‘Mengatasi masalah lokal’, ‘Jadilah satu dengan masyarakat lokal’, dan’ Mengatur ide-ide dan berbagi ‘.

Proyek ini dirancang bagi mereka yang ingin membantu orang lain. Untuk memaksimalkan efeknya, kita perlu melatih para mahasiswa di bidang ‘kreativitas’, ‘menulis‘, ‘berbicara‘, ‘memahami budaya lokal’, dan lain-lain.

Beberapa hal yang di ajarkan kepada peserta sebelum kegiatan yaitu : konten untuk pembelajaran bidang teknik, proyek desain untuk bidang teknik, desain akademik untuk bidang teknik, pelayanan konsultasi bidang teknik. Inti utama dari program ini tetap sama bahwa para siswa bekerjasama untuk membantu masyarakat setempat. Artinya, fokus utama dari program ini adalah masih ‘engineering’, ‘layanan’, dan ‘pendidikan’.

Untuk mensistemasi proses pembelajaran dan dampaknya, kami membuat buku pedoman siswa dan didistribusikan kepada para siswa.

TUJUAN KEGIATAN

Kecamatan Dayeuh kolot, Kecamatan Bandung Kidul dan Kecamatan Bojong Soang merupakan daerah yang sangat berdekatan dengan Kampus Telkom University. Di ketiga kecamatan tersebut pekerjaan yang dilakukan penduduk usia produktif yang bekerja maupun yang setengah pengangguran adalah antara lain : buruh bangunan, buruh toko, buruh tani, buruh pabrik, pengajar honorer, PNS,  dan ojeg motor.

Banyak sekali permasalahan yang dihadapi warga di tiga kecamatan tersebut, diantaranya kemacetan lalau lintas, banjir, sampah yang tidak terkoordonir dengan baik berserakan dimana-mana, sungai sebagai tempat untuk mengalirkan air ketika hujan datang sudah dangkal, sumber mata pencaharian yang kurang.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu daerah sekitar dalam menyelasikan permasalahan dengan menerapkan penyelesaian menggunakan methode teknik. Selain dari itu, semua produk yang digunakan oleh masyarakat adalah hasil karya mahasiswa.

Luaran dari kegiatan ESC ini adalah sebagai berikut:

  • Luaran berupa barang yang dihasilkan dari kegiatan dapat membantu memecahkan masalah di daerah.
  • Produk yang dihasilkan oleh mahasiswa untuk di pergunakan masyarakat sasaran adalah sebanyak 12 produk yang siap guna, sesuai kebutuhan masyarakat
  • Mahasiswa yang terlibat memiliki kemampuan lebih, karena di ajarkan bagaimana cara menyelesaikan sebuah permasalahan secara sistematis sampai menghasilkan produk yang di butuhkan.
  • Luaran berupa jasa yang dihasilkan dari kegiatan dapat membantu memecahkan masalah di daerah.
  • Pendampingan (dilaksanakan setelah pelaksanaan pelatihan dan pemberian barang)

DSC01584DSC01975

DSC01591DSC01650

DSC02088DSC00241DSC02229

DSC00936DSC01597

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *