Engineering Service Community 2015

“ENGINEERING SERVICE COMMUNITY”

(Pantai Cipatujah, Kabupaten Tasikmlaya)

ESC merupakan singkatan dari Engineering Service Community, untuk saat ini dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Universitas Telkom. Poyek ESC adalah kegiatan sukarela untuk membantu dan mendukung masyarakat lokal serta daerah berkembang lainnya.

Engineering Service Community dirancang untuk mereka yang ingin melayani orang lain melalui kemampuan yang mereka miliki. Kegiatan ini melibatkan mahasiswa dari berbagai bidang keilmuan, seperti teknik telekomunikasi, teknik elektro, system computer, teknik industri, seni dan lingkungan.

Kegiatan ini mengharuskan setiap peserta terlibat aktif dalam perancangan dan pembuatan produk untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Produk yang merka buat, nantinya akan diberikan kepada masyarakat agar bisa di manfaatkan sebagaimana fungsi dan tujuannya. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang mebutuhkan.

Apa itu Engineering Creativity Comunity?

“Engineering Creativity Community”, pendidikan yang di desain kreatif yang melibatkan bidang teknik berdasarkan jurusan yang berbeda, Dirancang untuk mahasiswa dari berbagai bidang keilmuan.

Contents of Engineering Creativity Comunity

Proyek ini dibagi menjadi lima bagian, yaitu ‘Membuat tim’, ‘Lihatlah masalah dari sudut pandang yang berbeda’, ‘Mengatasi masalah lokal’, ‘Jadilah satu dengan masyarakat lokal’, dan’ Mengatur ide-ide dan berbagi ‘.

Proyek ini dirancang bagi mereka yang ingin membantu orang lain. Untuk memaksimalkan efeknya, kita perlu melatih para mahasiswa di bidang ‘kreativitas’, ‘menulis‘, ‘berbicara‘, ‘memahami budaya lokal’, dan lain-lain.

Beberapa hal yang di ajarkan kepada peserta sebelum kegiatan yaitu : konten untuk pembelajaran bidang teknik, proyek desain untuk bidang teknik, desain akademik untuk bidang teknik, pelayanan konsultasi bidang teknik. Inti utama dari program ini tetap sama bahwa para siswa bekerjasama untuk membantu masyarakat setempat. Artinya, fokus utama dari program ini adalah masih ‘engineering’, ‘layanan’, dan ‘pendidikan’.

Untuk mensistemasi proses pembelajaran dan dampaknya, kami membuat buku pedoman siswa dan didistribusikan kepada para siswa.

Luaran dari kegiatan ESC ini adalah sebagai berikut:

  • Luaran berupa barang yang dihasilkan dari kegiatan dapat membantu memecahkan masalah di daerah.
  • Produk yang dihasilkan oleh mahasiswa untuk di pergunakan masyarakat sasaran adalah sebanyak 12 produk yang siap guna, sesuai kebutuhan masyarakat
  • Mahasiswa yang terlibat memiliki kemampuan lebih, karena di ajarkan bagaimana cara menyelesaikan sebuah permasalahan secara sistematis sampai menghasilkan produk yang di butuhkan.
  • Luaran berupa jasa yang dihasilkan dari kegiatan dapat membantu memecahkan masalah di daerah.
  • Pendampingan (dilaksanakan setelah pelaksanaan pelatihan dan pemberian barang)

Jumlah TIM yang tergabung:

  • Enginering Service Community 2015: Team GMT, Desa Cikawungading, Cipatujah,Tasikmalaya
  • Enginering Service Community 2015, Team Sersan Eureka, Desa Cikawungading, Cipatujah,Tasikmalaya
  • Enginering Service Community 2015: Team Sangkuriang , Desa Cikawungading, Cipatujah,Tasikmalaya
  • Enginering Service Community 2015: Team Amazing Bee, Desa Cikawungading, Cipatujah,Tasikmalaya
  • Team Polychrome Enginering Service Community 2015, Desa Cikawungading, Cipatujah,Tasikmalaya
  • Enginering Service Community 2015: Team Tresno , Desa Cikawungading, Cipatujah,Tasikmalaya
  • Enginering Service Community 2015: Team Tokong Nanas , Desa Cikawungading, Cipatujah,Tasikmalaya
  • Enginering Service Community 2015: Team D’Morgan , Desa Cikawungading, Cipatujah,Tasikmalaya
  • Enginering Service Community 2015: Team Sarang Sireum , Desa Cikawungading, Cipatujah,Tasikmalaya
  • Enginering Service Community 2015: Team Feli-X , Desa Cikawungading, Cipatujah,Tasikmalaya

DSC06695 DSC06700 DSC07411 DSC07422 DSC07428 DSC07450 DSC07451 DSC07459 DSC07509 DSC07583 DSC07624

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *