[Pengabdian Masyarakat] Kolaborasi Pengabdian Masyarakat antara Dosen dan Mahasiswa S1 Teknik Elektro di Pesantren Darul Bayan Bertemakan Integrasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Kegiatan pengabdian masyarakat (Pengmas) oleh dosen dan mahasiswa S1 Teknik Elektro Telkom University merupakan bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dosen sebagai pendidik dituntut untuk dapat berkiprah dalam masyarakat dengan ilmu pengetahuannya. Pada pengabdian masyarakat tahun 2019 periode 2 ini, tim dosen dan mahasiswa yang dipimpin Ahmad Sugiana mengambil tempat di Pesantren Darul Bayan yang terletak daerah di Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang Jawa-Barat. Dengan bertemakan integrasi modul energi surya untuk membantu sistem kelistrikan. Pemenuhan energi listrik untuk kebutuhan sehari-hari di pesantren ini bersumber dari PLN ini terbilang cukup besar dimana hal tersebut memberatkan santri dalam membayar sumbangan pembinaan pendidikan (SPP).

Untuk membantu meringankan biaya bulanan dan meningkatkan keandalan kelistrikan, maka dilakukan pemasangan Pembangkit Lisrik Tenaga Surya (PLTS). Panel surya akan mengkonversi radiasi matahari menjadi energi listrik yang dapat disimpan dalam baterai sehingga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan energi listrik harian. Setelah terpasangnya system pembangkit tenaga surya, diharapkan pengeluaran pesantren untuk pembayaran listrik akan berkurang dan mengurangi ketergantungan pada listrik PLN.

Pelaksanaan kegiatan ini tidak hanya melakukan pemasangan PLTS melainkan juga diadakan penyuluhan integrasi modul surya, agar masyarakat dapat merawat PLTS yang telah terpasang secara mandiri dan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan jangka panjang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *